5 Tips Ini Bantu Jaga Kesehatan Jelang Mudik Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 09 April 2023
0 dilihat
5 Tips Ini Bantu Jaga Kesehatan Jelang Mudik Lebaran
Agar mudik bisa lancar, kita perlu menjaga kesehatan baik saat berangkat mudik maupun jauh hari sebelumnya. Foto: Repro Antara

" Agar mudik bisa lancar, kita perlu menjaga kesehatan baik saat berangkat mudik maupun jauh hari sebelumnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Mudik menjadi kebiasaan masyarakat saat menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Maka menjaga kesehatan harus dilakukan, agar mudik bisa lancar.

Dikutip dari indonesiabaik.id, mudik alias pulang kampung sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap jelang Lebaran.

Biasanya, tujuannya adalah berkumpul, bertemu, dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Namun sebenarnya tradisi mudik ini bukan hanya ada di Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga memiliki tradisi yang mirip dengan tradisi mudik di Indonesia.

Agar mudik bisa lancar, kita perlu menjaga kesehatan baik saat berangkat mudik maupun jauh hari sebelumnya.

Melansir yoursay.id dari halodoc.com, berikut beberapa tips menjaga kesehatan jelang berangkat mudik Lebaran:

1. Istirahat yang cukup

Ketika hendak mudik, jangan sampai kekurangan tidur. Setidaknya telah tidur selama 7 jam per hari. Lalu, usahakan istirahat selama dalam perjalanan mudik.

Baca Juga: Tidak Mudik? Ini 3 Ide Liburan Lebaran Tetap Seru

Berhenti di rest area merupakan cara yang bisa dilakukan agar pengemudi bisa beristirahat sejenak agar ketika bangun, tubuh sudah dalam keadaan bugar kembali.

2. Rutin melakukan olahraga

Agar tubuh dalam kondisi prima, rutin melakukan olahraga menjadi salah satu kuncinya. Pada saat puasa, bukan berarti aktivitas fisik harus berhenti. Namun kamu bisa menjajal olahraga ringan ketika menjelang berbuka atau setelahnya. Tujuannya tentu saja agar tubuh terjaga kesehatannya.

3. Membawa bekal

Membawa bekal saat mudik juga tak kalah pentingnya. Selain lebih hemat, membawa bekal sendiri juga terjamin kebersihannya karena mengolah makanan sendiri.

Namun, jika tidak ingin membawa bekal, pastikan mencari tempat makan yang dijamin kebersihannya. Tujuannya untuk menghindari makan sembarangan yang bisa memicu masalah kesehatan karena makanan tidak higienis.

4. Perhatikan asupan

Pastikan saat menjelang mudik untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Meskipun dalam keadaan berpuasa, pentingnya untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Cara Tetap Sehat Berpuasa Saat Mudik Lebaran

Perbanyak juga asupan air mineral agar tubuh tidak mengalami dehidrasi serta lemas karena kekurangan cairan. Selain itu, konsumsi juga vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Sediakan obat-obatan

Ketika hendak mudik, pastikan untuk menyiapkan obat-obatan. Terutama bagi anggota keluarga yang memiliki penyakit tertentu atau keluhan.

Selain membawa obat-obatan yang dibutuhkan oleh anggota keluarga yang mengidap penyakit tertentu, juga siapkan obat-obatan lain seperti minyak angin, obat mual, obat sakit kepala, p3k dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk menjaga kesehatan jelang mudik. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga