Cepat Lelah saat Bermain Futsal? Lakukan 5 Latihan ini Agar Stamina Bisa Terjaga

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Senin, 16 November 2020
0 dilihat
Cepat Lelah saat Bermain Futsal? Lakukan 5 Latihan ini Agar Stamina Bisa Terjaga
Ilustrasi bermain dirusak. Foto: Repro jaringfutsalpengaman.com

" Untuk lebih berstamina dan tidak cepat lelah saat bermain futsal, Anda perlu menjaga kebugaran tubuh sebab itu menjadi kunci untuk meningkatkan stamina serta performa Anda di lapangan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Baru main futsal sebentar, Anda sudah merasa kelelahan? Itu tandanya Anda perlu latihan khusus untuk meningkatkan stamina terlebih saat main futsal.

Kita ketahui bersama bahwa lapangan futsal lebih kecil dari pada lapangan sepak bola pada umumnya, sehingga Anda dituntut untuk jadi lebih lincah, gesit dan cepat bergerak dalam pertandingan.

Kemudian Anda harus mengubah manuver sewaktu-waktu serta mampu berlari dengan kecepatan tinggi. Inilah mengapa Anda mungkin jadi lebih cepat lelah ketika main futsal.

Untuk lebih berstamina dan tidak cepat lelah saat bermain futsal, Anda perlu menjaga kebugaran tubuh sebab itu menjadi kunci untuk meningkatkan stamina serta performa Anda di lapangan.

Dilansir dari Hellosehat.com berikut 5 latihan agar Anda lebih berstamina dan tidak cepat lelah saat main futsal.  

1. Lari sprint

Melatih kemampuan Anda berlari sprint bisa membantu Anda supaya tidak mudah lelah kalau harus bergerak dengan gesit dan cepat di lapangan. Untuk berlatih sprint, cari lintasan lari yang lurus dengan jarak kira-kira 30 meter. Kemudian, larilah bolak-balik secepat mungkin.

Usahakan untuk lari sebanyak tujuh kali (total bolak-balik empat belas kali), dengan jeda sekitar 25 detik sebelum Anda lari ke arah sebaliknya. Catat waktu Anda berlari dan gunakan standar waktu tersebut untuk berlatih rutin.

Baca juga: Arti Desahan Wanita dan 3 Tips Mencapai Orgasme Bersama saat Berhubungan Seks

2. Latihan interval

Latihan interval sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Pasalnya, tubuh Anda akan dilatih untuk menyesuaikan intensitas aktivitas fisik yang berubah-ubah terus.

Latihan interval memang mengharuskan Anda untuk berolahraga dengan intensitas berat selama beberapa menit, dilanjutkan dengan olahraga intensitas ringan.

Mulailah dengan pemanasan dulu selama lima belas menit.

Kemudian Anda bisa pilih mau lari atau naik sepeda, misalnya, tapi harus dengan intensitas atau kecepatan tinggi selama tiga menit.

Lalu lanjutkan dengan berlari atau naik sepeda pelan-pelan, selama tiga menit. Ulangi sampai kira-kira tiga kali, baru akhiri dengan pendinginan selama sepuluh menit.  

3. Olahraga kardio

Agar jantung Anda kuat memompa pasokan darah ke seluruh tubuh selama main futsal, Anda harus rutin olahraga kardio. Anda bisa memilih jenis olahraga yang Anda sukai. Misalnya lari, berenang, lompat tali, atau bersepeda.

Baca juga: Anda Sulit Tidur Nyenyak? Ini Penyebab dan Solusinya

4. Jaga pola hidup sehat

Anda mungkin cepat lelah karena gaya hidup Anda sendiri bermasalah. Misalnya Anda kurang bergerak sehingga semua otot tubuh terasa kaku. Atau Anda kelebihan berat badan? Merokok juga bisa jadi penyebab Anda gampang lelah saat main futsal.

Nah, untuk meningkatkan stamina berolahraga Anda harus menjalani pola hidup sehat. Pastikan Anda makan dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, istirahat yang cukup setiap hari, dan jangan lupa berhenti merokok sekarang juga. 

5. Latihan wall sit

Latihan wall sit akan membantu meningkatkan ketahanan otot-otot di area paha dan tungkai kaki. Anda pun akan kuat lari lebih lama tanpa pegal.

Cara melakukannya cukup sederhana. Berdirilah dengan punggung lurus dengan dinding.

Buka kedua kaki sampai selebar pundak. Kemudian, turunkan tubuh dan tekuk lutut Anda seolah Anda mau duduk di kursi. Pastikan jarak antara betis dan kaki Anda kira-kira 30 sentimeter dari dinding.

Angkat dan turunkan tubuh Anda berulang-ulang.

Setiap lutut Anda membentuk sudut siku (90 derajat), tahan posisi tersebut selama satu menit. Kemudian berdiri lagi dengan tegak. Nanti kalau sudah terbiasa melakukan wall sit, Anda bisa menambahkan dumbbell pada masing-masing tangan. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga