4 Bahaya Sikap Pilih Kasih Dalam Didik Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
4 Bahaya Sikap Pilih Kasih Dalam Didik Anak
Jika pilih kasih dilakukan terhadap buah hati tentu akan menimbulkan dampak buruk. Foto: anakku.id

" Salah satu kesalahan orang tua dalam mendidik anak adalah pilih kasih. Hal ini harus dihindari sebab banyak dampak buruk perbuatan tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kesalahan orang tua dalam mendidik anak adalah pilih kasih. Hal ini harus dihindari sebab banyak dampak buruk perbuatan tersebut.

Pada umumnya, dikutip dari ruangguru.com, pilih kasih merupakan ungkapan untuk menyebut seseorang yang memihak atau membuat tindakan yang terkesan berat sebelah.

Dengan demikian, pilih kasih adalah sikap memihak. Jika pilih kasih ini dilakukan kepada buah hati tentu akan menimbulkan dampak buruk, khususnya bagi hubungan antara orang tua dan anak nantinya.

Baca Juga: Wanita di Semarang Hamil 8 Kali Tapi Tak Tahu yang Meniduri, Lahiran di Sungai Hingga Anak Tewas Dianiaya

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak buruk pilih kasih dalam mendidik anak:

1. Persaingan antar Saudara

Tindakan membanding-bandingan anak dengan kakak atau adiknya juga dapat menimbulkan persaingan antar saudara.

Fungsi saudara yang seharusnya melindungi dan saling mengasihi akan berubah menjadi Sibling Rivarly yang tidak peduli dengan hubungan keluarga.

Mereka akan terus berupaya menjadi yang terbaik untuk mendapatkan pengakuan dari orang tua, sekalipun harus mengorbankan saudaranya sendiri, seperti yang dikutip pada laman parentalk.id.

2. Rusaknya Hubungan dalam Keluarga

Anak-anak yang merasa dirinya mendapatkan tindakan diskriminasi berupa pilih kasih, lambat laun akan menarik diri dari keluarganya.

Bahkan, sebuah penelitian dari Journal of Family Psychology ikut menyatakan bahwa sebagian besar pemicu konflik dalam hubungan keluarga berasal dari anak-anak yang menjadi korban pilih kasih dari orang tuanya.

3. Menimbulkan Insecure dalam Diri Sang Anak

Anak yang merasa dirinya tersisihkan akan kehilangan rasa percaya diri untuk maju dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Child Development menyatakan bahwa anak-anak yang kurang mendapatkan kasih sayang dari orang tua akan mengalami gangguan perkembangan psikologis dan mental, karena merasa selalu kalah dan tertinggal dari saudaranya.

Selain itu, mereka juga akan melakukan hal yang sama dengan apa yang orang tua lakukan terhadapnya, yaitu membandingkan dirinya dengan orang lain.

Melansir dari Bustle.com, Hal ini akan memperparah keadaan karena menghilangkan motivasi dan semangat hidup dalam diri anak tersebut.

Baca Juga: Mengenal Puber Kedua pada Pria dan Wanita Usia 40-an

4. Menimbulkan Rasa Benci Kepada Orang Tua

Selain menarik diri dari keluarganya, anak-anak yang mendapatkan perlakuan pilih kasih dari orang tua ini juga dapat menimbulkan efek emosional negatif berupa rasa benci kepada orang tua yang melekat hingga dewasa, seperti yang dikutip pada laman Brparents.com.

Jika hal ini dibiarkan, maka sulit bagi orang tua untuk mengendalikan emosi sang anak sehingga bisa memicu tindakan yang lebih agresif seperti melakukan tindakan bullying pada teman-temannya di sekolah.

Nah, itulah beberapa bahaya atau dampak buruk yang dihasilkannya jika orang tua suka pilih kasih terhadap anak-anaknya. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga