Yuk, Kenali 5 Pulau Terbesar di Indonesia yang Perlu Anda Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
Yuk, Kenali 5 Pulau Terbesar di Indonesia yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi peta Indonesia. Foto: Repro naruedom/Thinkstock

" Sedangkan luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia adalah seluas 2,55 juta KM persegi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau, sehingga dikeliking lautan dan dilintasi garis khatulistiwa.

Mengutip dpr.go.id, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang secara geografis terletak pada posisi strategis, yakni di persilangan antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia), dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik).

Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam tiga kelompok, diantaranya, wilayah daratan Indonesia seluas 2,01 juta KM pesegi. Sementara untuk luas lautan wilayah Indonesia adalah 3,25 juta KM persegi.

Sedangkan luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia adalah seluas 2,55 juta KM persegi.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau. Beberapa diantanya sudah diberi nama, sedangkan beberapa lainnya tidak bernama. Adapun pulau yang tidak bernama tersebut berjumlah sekitar 1.552.

Dilansir dari YouTube chanel Adam Dhamanhuri pada Selasa (15/2/2022), total wilayah Indonesia adalah 7,81 juta KM persegi. Berikut ini 5 pulau terluas yang ada di Indonesia:

1. Pulau Papua

Pulau ini terletak di sisi paling timur Negara Indonesia. memiliki sebutan lain, yaitu Irian. Luas wilayah pulau ini sekitar 786 ribu KM persegi. Dan wilayahnya terbagi ke dalam dua wilayah, yaitu wilayah Indonesia di bagian bara dan wilayah Negara Papua Nugini di bagian timur.

Di Pulau ini terdapat puncak tertinggi yaitu cartenz pyramid atau puncak jaya, yang berada di Gunung Jawawijaya yang berada di daerah Timika. Puncak jaya ini memiliki ketinggian tertinggi mencapai 4884 meter di atas permukaan laut.

Provinsi yang ada di tempat ini terbagi dua, yakni Provinsi Papua dan Papua Barat. 

2. Pulau Kalimantan

Merupakan pulau yang berada di sisi utara, biasanya orang menyebut pulau ini dengan nama Borneo. Luas wilayah ini sekitar 743.330 KM persegi. Pulau ini meliputi wilayah Negara Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Di Pulau Kalimantan terdapat puncak tertinggi yaitu Gunung Kinabalu. Yang secara administrative masuk ke dalam wilayah Malaysia. Gunung Kinabalu ini memiliki ketinggian  4.095 meter di atas permukaan laut. 

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Manusia Bisa Jatuh Cinta, Bikin Kaget

Pulau Kalimantan yang masuk ke dalam wilayah Indonesia terbagi ke dalam lima Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

3. Pulau Sumatera

Merupakan pulau yang berada di sisi Barat Indonesia. Pulau ini juga memiliki sebutan lain yaitu Andalas. Luas dari Pulau ini adalah 473.481 KM persegi. Pulau ini juga menyimpan beragam hayati yang luas biasa. Selain itu, Pulau ini juga memiliki danau kawah gunung berapi raksasa terbesar di dunia.

Adapun provinsi yang ada di Pulau ini meliputi, Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Lampung.

4. Pulau Sulawesi

Merupakan pulau yang memiliki nama lain Celebes. Pulau ini memiliki luas 180.681 KM persegi. Adapun kota besar yang ada di Pulau ini adalah Makassar yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Manado yang berada di Provinsi Sulawesi Utara, Kendari yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Palu yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Deretan Artis Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Bukan Raffi Ahmad

Selain itu adalah kota besar yang ada di pulau ini adalah Gorontalo yang berada di Provinsi Gorontalo, Blitung yang berada di Provinsi Sulawesi Utara, Palopo yang berada di Sulawesi Selatan, Baubau yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Parepare yang berada di Sulawesi Selatan, dan Kotamobagu yang berada di Sulawesi Utara.

5. Pulau Jawa

Pulau ini memiliki luas 128.297 KM persegi. Di Pulau Jawa ini hidup sekitar 140 juta orang, yang memiliki budaya, bahasa, serta agama yang berbeda-beda.

Adapun provinsi yang ada di Pulau Jawa ini, diantaranya, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Banten. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga