4 Cara Bikin Smartphone Seperti Baru Lagi

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 03 Oktober 2023
0 dilihat
4 Cara Bikin Smartphone Seperti Baru Lagi
Dalam beberapa menit saja Anda dapat mengubah ponsel android menjadi sesuatu yang terlihat dan terasa baru. Foto: Repro Techno.id

" Ada empat tips sederhana untuk merapikan, menata ulang, dan menyesuaikan ponsel Android Anda agar tetap dalam kondisi prima dan terlihat seperti baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Smartphone Anda juga butuh perawatan maksimal layaknya barang-barang mewah pada umumnya. Hal ini bakal mencegah Hp gampang rusak di kemudian hari.

Dilansir dari Sumedang.pikiran-rakyat.com, untuk memulainya, Anda harus membersihkan bagian luar ponsel dengan baik, karena kemungkinan besar Anda akan mendekatkannya ke wajah setiap hari.

Debu dan kotoran dapat dengan cepat terkumpul di port pengisian daya dan speaker, dan hal ini tidak hanya berdampak buruk bagi kebersihan Anda tetapi juga dapat memperpendek umur ponsel Anda.

Namun pekerjaan pemeliharaan yang paling penting ada di baliknya, dan itu termasuk mengubah pengaturan telepon yang mungkin belum pernah Anda sentuh sebelumnya.

Investasi beberapa menit saja dapat mengubah ponsel Android Anda menjadi sesuatu yang terlihat dan terasa baru setidaknya sampai Anda dapat melakukan upgrade.

Baca Juga: Beberapa Cara Mudah Ini Bisa Membantu Smartphone Kamu Lebih Panjang Umur

Selain itu, dikutip dari Sumedang.pikiran-rakyat.com dan Techno.id, berikut empat tips sederhana untuk merapikan, menata ulang, dan menyesuaikan ponsel Android Anda agar tetap dalam kondisi prima dan terlihat seperti baru.

1. Ubah wallpaper

Sering kali, sesuatu yang sederhana seperti mengganti wallpaper dapat membuat ponsel kamu terasa segar dan baru. Jika kamu membutuhkan bantuan untuk memilih wallpaper yang tepat yang sesuai dengan dimensi ponsel dan unik, kamu dapat mencari aplikasi wallpaper untuk Android seperti Walli, Galaxy Wallpaper dan lainnya. Ganti wallpaper setiap bulan.

Pilihlah tema yang berbeda seperti ruang angkasa, alam, minimalis, abstrak, atau retro.

2. Perbarui sistem operasi

Jika ponsel tidak diperbarui, maka akan mulai lambat dan terasa ketinggalan zaman. Banyak pembuat ponsel pintar Android menawarkan setidaknya tiga tahun pembaruan Android utama. Kecuali jika ponsel kamu lebih tua dari itu, maka harus memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia di ponsel kamu dan kemudian menginstalnya.

Pembaruan sistem operasi Android tidak hanya membuat ponsel terasa baru, tetapi juga dapat membunuh bug, memperkenalkan fitur-fitur baru, meningkatkan keamanan, dan banyak lagi.

3. Unduh launcher baru

Salah satu cara terbaik tentang Android yang tetap bertahan sepanjang keberadaannya adalah kemampuannya untuk disesuaikan. Apa pun ponsel Android yang kamu miliki, kamu tidak akan pernah terbatas pada pengalaman perangkat lunak yang disertakan.

Baca Juga: 5 Dampak Berlebihan Main Smartphone Bagi Kesehatan Mental

Ada banyak sekali aplikasi peluncur (launcher) di Google Play Store yang bisa kamu unduh yang akan memberikan tampilan baru yang segar pada ponsel. Kamu juga dapat mengunduh paket ikon baru untuk mempersonalisasikannya lebih lanjut sesuai keinginan.

Beberapa peluncur Android yang relative bagus seperi Nova Launcher, Action Launcher, dan Microsoft Launcher.

4. Ganti baterai

Semua baterai ponsel akan menurun seiring berjalannya waktu, biasanya berlangsung sekitar tiga tahun. Setelah tiga tahun, penurunan kualitas baterai mulai mengganggu, dan kamu akan terus-menerus kehabisan daya dan harus mencari pengisi daya.

Karena itu ketika baterai ponsel kamu dirasa sudah mulai menurun kinerjanya, ada baiknya kamu menggantinya dengan yang baru. Harga baterai ponsel tentu saja tidak semahal jika kamu membeli perangkat baru. (C)  

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga