Jangan Tertipu, Begini Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu Secara Manual

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 25 Juli 2023
0 dilihat
Jangan Tertipu, Begini Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu Secara Manual
Biasanya pada logam mulia terdapat tanda yang menunjukkan berapa kadar emas yang terkandung di dalamnya. Foto: Repro Idxchanel.com

" Agar tak tertipu pemalsuan emas, Anda harus tau membedakan emas palsu dan emas asli saat membeli "

KENDARI, TELISIK.ID - Emas banyak dijadikan investasi karena lebih aman dan stabil. Namun Anda tetap harus hati-hati, akhir-akhir ini marak pemalsuan emas. Agar tak tertipu, Anda harus tau membedakan emas palsu dan emas asli saat membeli.

Berikut cara membedakan emas asli dan palsu dilansir dari Kompas.com dan Palembang.tribunnews.com. cara-cara ini dapat dilakukan secara manual tanpa mesin.

1. Perhatikan ciri fisik

Cara mengecek emas asli atau palsu paling mudah adalah dengan melihat ciri-ciri fisiknya, seperti menurut laman Antam. Biasanya, pada logam mulia atau perhiasan, terdapat tanda yang menunjukkan berapa kadar emas yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Harga Emas Antam 31 Agustus Anjlok, Berikut Rinciannya

Tanda tersebut dapat dalam bentuk fineness, seperti 1-999 atau 1-0.999. Selain itu, bisa juga bentuk karat, seperti 10K, 14K, 18K, 22K, dan 24K. Namun, tidak semua logam mulia memiliki tanda khusus tersebut, terutama untuk jenis emas model lama.

2. Gosok dengan tangan

Cara membedakan logam mulia asli dan tidak selanjutnya, yakni dengan menggosokkan permukaan emas dengan telapak tangan atau telunjuk. Warna emas asli tidak akan pudar meski telah digosok menggunakan tangan.

Sebaliknya, jika setelah digosok warna menjadi pudar dan tidak seragam, dapat dipastikan itu merupakan emas palsu.

3. Goreskan pada keramik atau kertas

Serupa dengan cara kedua, membedakan emas asli dan palsu dapat dilakukan dengan menggoresnya pada keramik atau kertas. Pertama, seperti dilansir dari laman Pegadaian, goreskan emas ke permukaan keramik atau kertas secara hati-hati agar tidak merusak lapisan.

Baca Juga: 9 Cara Mengetahui Emas Asli dan Palsu, Nomor 3 Mengejutkan

Jika timbul goresan hitam pada keramik atau kertas, kemungkinan termasuk emas tiruan atau imitasi. Jika tidak meninggalkan jejak hitam pada permukaan keramik, maka kemungkinan besar emas tersebut asli.

4. Gigit emas

Emas merupakan logam mulia lunak yang mudah sekali untuk dibentuk, termasuk menjadi perhiasan seperti kalung atau cincin. Jika penjual menawarkan emas dengan kadar tinggi, pembeli dapat mengecek kelunakannya dengan mudah.

Sebab, semakin tinggi kadar karat, akan semakin lunak pula emas tersebut. Adapun cara mudah mengetahui asli dan palsunya emas adalah dengan menggigit bagian permukaan. Emas asli dengan kadar tinggi umumnya akan meninggalkan bekas gigitan di permukaan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga