4 Lubang Terdalam di Dunia, Nomor 4 Dijuluki Pintu Neraka

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 15 Oktober 2022
0 dilihat
4 Lubang Terdalam di Dunia, Nomor 4 Dijuluki Pintu Neraka
Dikenal sebagai Gerbang Neraka, sebuah lubang cair besar di gurun Turkmenistan telah memuntahkan api sejak 1971 hingga saat ini. Foto: Repro bbc.com

" Door to Hell adalah kawah di ladang gas alam besar yang telah terbakar selama beberapa dekade "

KENDARI, TELISIK.ID - Kita umumnya mengetahui lubang hanya memiliki kedalaman beberapa meter saja. Bagaimana jadinya jika di sebuah tempat memiliki wilayah yang lubangnya hingga mencapai belasan kilometer?

Ternyata hal ini benar-benar ada di dunia. Bahkan di beberapa tempat, lubang tersebut dijuluki pintu neraka karena memiliki kondisi yang cukup ekstrem.

Berikut ini lubang terdalam di dunia seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Kola Superdeep Borehole

Dikutip dari Kumparan.com, lubang ini memiliki kedalaman 12 meter. Sebelumnya, Uni Soviet menggali lubang ini pada 1970-an untuk mempelajari lebih lanjut mengenai apa yang ada di dalam inti Bumi.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik The Line City, Mega Proyek Arab Saudi

Kola Superdeep Borehole merupakan bagian dari ‘perlombaan’ antara Amerika Serikat dan Uni Soviet di masa perang dingin. Bukan hanya berlomba untuk pergi ke luar angkasa, kedua negara tersebut juga berlomba untuk menggali lubang terdalam. Amerika Serikat menggali lubang terdalamnya di pesisir Pasifik di Meksiko, sedangkan Uni Soviet melakukannya di Teluk Kola.

2. Tambang Ngarai Bingham

Mengutip viva.co.id, tambang ini berusia lebih dari 100 tahun, merupakan tambang tembaga terbesar di dunia dengan lubang selebar 2,5 mil di Pegunungan Oquirrh di barat daya Salt Lake City, Utah. Tambang ini pertama kali dimulai pada 1906 dengan kedalaman lebih dari 0,75 mil ke bawah dan mencakup 1.900 hektare.

Tambang ini kemudian ditetapkan sebagai Landmark Bersejarah Nasional pada 1966 dengan nama Tambang Tembaga Open Pit Bingham Canyon. Dengan kedalamannya yang ekstrem, rupanya tambang ini pernah mengalami longsor besar-besaran pada April 2013 dan longsor yang lebih kecil pada September 2013.

3. IceCube Neutrino Observatory

Melansir icecubewisc.edu, IceCube Neutrino Observatory adalah detektor partikel kilometer kubik yang terbuat dari es Antartika dan terletak di dekat Stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott. Lubang ini terkubur di bawah permukaan, memanjang hingga kedalaman sekitar 2.500 meter.

Baca Juga: Wanita Malam Negara Ini Punya Cara Jitu Agar Terlihat Perawan, Pakai Bantuan Belut

4. Door to Hell

Sejak 1971 saat Uni Soviet mulai melakukan eksplorasi, Door to Hell atau dikenal dengan Pintu ke Neraka. Door to Hell adalah kawah di  ladang gas alam besar yang telah terbakar selama beberapa dekade. Rig minyak Soviet  jatuh ke dalam kawah pada 1971, dan seorang  ahli geologi memutuskan untuk menyingkirkan rig tersebut dengan membakar lubang itu, namun api tersebut tak pernah padam hingga hari ini.

Hal ini disebabkan karena memiliki kandungan gas alam yang cukup besar. Tempat itu berada di gurun Karakum, Derweze, Turkmenistan, memiliki lebar 230 kaki dengan kedalaman sekitar 66 meter. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga