4 Makanan ini Bisa Atasi Sembelit Lancarkan BAB

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 08 Januari 2023
0 dilihat
4 Makanan ini Bisa Atasi Sembelit Lancarkan BAB
Masalah kesehatan sembelit atau susah buang air besar tidak bisa dispelekan, kondisi sembelit membuat perut menjadi kembung dan tidak nyaman. Foto: Repro Klikdokter.com

" Masalah susah buang air besar bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan pergerakan usus "

KENDARI, TELISIK.ID – Masalah sembelit atau susah buang air besar tidak bisa dispelekan begitu saja. Masalah pencernaan yang satu ini membuat kita menghabiskan banyak waktu di toilet dan membuat tubuh tak nyaman.

Dikutip dari Health.okezone.com dan Merdeka.com, masalah susah buang air besar bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan pergerakan usus. Makanan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan sehat karena kaya akan serat sehingga membantu memperlancar pencernaan. Makanan jenis umbi-umbian ini sangat cocok dimasak dengan direbus dan dikonsumsi saat cuaca dingin.

Baca Juga: Ini Waktu yang Dibutuhkan Pria dan Wanita Sebelum Lanjut Seks Ronde Kedua

2. Biji-bijian Utuh

Konsumsi biji-bijian dapat mengoptimalkan fungsi usus yang butuh setidaknya 25 gram serat per harinya. Biji-bijian punya banyak serat dibanding karbohodat olahan seperti pasta dan roti putih. Selain itu juga terkandung di dalamnya nutrisi tambahan, seperti asam lemak omega-3.

3. Probiotik

Probiotik adalah bakteri yang dapat meningkatkan kesehatan usus, biasanya terdapat di makanan seperti yogurt, kefir, kombucha, dan biji chia. Bisa bantu meningkatkan kesehatan usus, makanya probiotik dikenal untuk memperbaiki pencernaan dan meredakan sembelit.

Baca Juga: 8 Akibat Kekurangan Vitamin A, Dari Kulit Kering Hingga Picu Jerawat

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau sepeti bayam dan kangkung memang dkenal sebagai sumber serat yang baik. Selain itu, sayuran ini juga penuh nutrisi seperti folat, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A.

Makan banyak serat dan sayuran hijau memungkinkan Anda mengembangkan mikrobioma usus yang ideal. Menurut sebuah artikel di jurnal Nature Chemical Biology, sayuran berdaun hijau juga mengandung sulfoquinovose, yakni jenis gula tertentu yang membantu mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga