adplus-dvertising

4 Manfaat Air Zamzam, Air Suci yang Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 26 Juni 2022
370 dilihat
4 Manfaat Air Zamzam, Air Suci yang Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit
Penyediaan air zamzam di sekitar Ka'bah. Foto: Repro google.com

" Banyak manfaat air zamzam untuk kesehatan yang telah menarik perhatian ilmuwan dan peneliti karena mampu menyembuhkan berbagai penyakit "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu ole-ole yang biasanya dibawa sesorang dari ibadah haji atau umrah untuk dihadiahkan kepada keluarga dan kerabat adalah air zamzam.

Dikutip dari Kompas.com, air zamzam adalah salah satu mukjizat yang paling abadi, mewakili rahmat Allah SWT.

Air zamzam diambil dari sumur zamzam yang pertama kali muncul 5.000 tahun yang lalu di bawah kaki Nabi Ismail setelah ibunya, berlari tujuh kali antara dua bukit Safa dan Marwah mencari air untuk menyelamatkan putranya yang kehausan.


Diketahui, sumur zamzam yang terletak di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, jaraknya sekitar 20 kilometer dari Ka'bah.

Sumur zamzam ini memasok air ke jutaan orang sejak tahun 2000 SM. Ada banyak manfaat air zamzam untuk kesehatan yang telah menarik perhatian banyak ilmuwan dan peneliti karena mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Setiap tahun, jutaan peziarah Muslim mengunjungi sumur zamzam selama perjalanan haji atau umrah dan mendapatkan manfaat air zamzam.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, yang dirangkum dari sejumlah sumber, berikut ini manfaat air zamzam untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui:

1. Sumber Cairan yang Baik

Air zamzam mengandung fluoride tingkat tinggi dan diklaim sebagai reservoir air paling murni sejauh ini.

Studi menunjukkan bahwa air zamzam mengandung jumlah bikarbonat yang tepat yang bahkan lebih tinggi dan lebih baik daripada yang ditemukan di air dari Pegunungan Alpen Prancis di Eropa. Air zamzam juga bebas dari kuman dan bakteri.

2. Air Zamzam Secara Alami Meningkatkan Sel dan Metabolisme

Air zamzam tidak hanya sebagai sumber pelepas dahaga, tetapi juga terbukti sebagai sumber nutrisi tubuh.

Baca Juga: Simak, Ini 8 Pilihan Makanan untuk Redakan Flu

Sebuah penelitian menunjukkan bagaimana air zamzam memelihara sel-sel dalam tubuh kita dan meningkatkan energi pada saat yang bersamaan. 

Airnya juga mengandung kadar magnesium dan kalsium yang tinggi. Ini membantu mengurangi tingkat kelelahan dan depresi. Minum air zamzam juga dianjurkan di kalangan ibu hamil untuk menghindari risiko kelelahan dan kecemasan selama kehamilan.

Laporan juga menunjukkan bagaimana air zamzam meningkatkan metabolisme tubuh manusia.

3. Menyehatkan Gigi dan Tulang 

Air zamzam sangat kaya akan kalsium dan menawarkan banyak manfaat kesehatan. Air zamzam juga mengandung kadar fluor yang rendah, menjaga kesehatan gigi dan tulang dan secara khusus menyeimbangkan kadar kalsium pada manusia dan terlebih lagi pada wanita hamil. Kadar kalsium yang sehat juga mencegah tulang prematur dan keputihan. 

Baca Juga: Terungkap, Ini 7 Pola Makan Agar Panjang Umur dari Orang-Orang Tertua di Dunia

4. Membantu Menyembuhkan Berbagai Penyakit Lainnya

Hasil penelitian menunjukkan bahwa air zamzam memberikan pertahanan terhadap beberapa penyakit, seperti masalah nefrogenik, katarak kongenital, diabetes, dan membantu dalam stimulasi sistem reproduksi.

Air zamzam memiliki sifat unik untuk melawan kanker dan juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga