4 Pengedar Sabu-Sabu di NTT Ditangkap, 1 Orang dari Surabaya

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
0 dilihat
4 Pengedar Sabu-Sabu di NTT Ditangkap, 1 Orang dari Surabaya
Ilustrasi pengedar narkotika. Foto: Ist.

" Pengguna narkoba jenis sabu-sabu berhasil ditangkap BNNP NTT "

KUPANG, TELISIK.ID - Pengguna narkoba jenis sabu-sabu berhasil ditangkap Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) NTT, beberapa waktu lalu.

Mereka yang ditangkap itu berjumlah 4 orang, masing-masing satu orang pengusaha asal Kabupaten Ende, dua orang di Kota Kupang dan satu orang pemasok dari Surabaya Jawa Timur.

Kepala BNNP NTT, Isnaeni Ujiarto menjelaskan, pihaknya kini telah mengamankan empat orang.

“Sekarang sudah empat orang yang kita amankan, masing-masih satu orang di Ende, dua orang di Kota Kupang dan satu orang dari Surabaya," kata Ujiarto, Selasa (28/12/2021).

Ia menjelaskan, penangkapan bagi seorang penggedar narkotika tidak semata hanya unsur tindak pidananya yang dilihat, namun pihaknya akan tetap memberikan upaya pengobatan yang sifatnya koratif dengan rehabilitasi.

Baca Juga: Ungkap Kasus 8 Bulan, Polda dan BNNP Jatim Bakar Sabu Seberat 31,4 Kg

“Selain kita amankan, mereka kita juga melakukan penyembuhan secara psikis maupun medis dalam rangka rehabilitasi kepada mereka agar tidak kembali pada kegiatannya (pemakai narkoba)," jelasnya.

Upaya yang dilakukan itu, kata dia, dengan memberikan terapi medis apabila diperlukan.

"Perawatan medis dilakukan dengan rawat jalan, karena BNN Provinsi NTT belum memiliki tempat untuk dilakukannya rawat inap," tuturnya.

Ia juga mengatakan, saat ini jenis yang digunakan mereka untuk pakai narkotika yakni sabu-sabu.

Sementara itu, Kabid Berantas Djoni M. Siahaan menjelaskan, untuk kasus narkotika telah ditangani dan dalam waktu dekat berkas perkaranya akan diserahkan ke pihak Kejaksaan.

Baca Juga: Polres Baubau Amankan Pelaku Dugaan Penganiayaan Warga Bonelalo

“Kalau yang empat orang ini sudah kita tangani dan sebentar lagi diserahkan ke Kejaksaan. Sebelumnya kita masih belum terbuka karena masih ada beberapa orang yang belum kita tangkap,” ujarnya.

“Sekarang sudah ditangkap semua termasuk dengan yang dari Surabaya, Kota Kupang, dan di Ende orang-orang yang kita cari,” ujarnya lagi.

Dari keempat tersangka yang telah diamankan statusnya pengguna narkotika jenis sabu-sabu, pihaknya juga telah melakukan penelusuran hingga ke Surabaya.

“Untuk status mereka itu sementara masih pemakai tapi masih kita dalami terus dan kita juga sudah ke Surabaya untuk mencari tahu siapa bandarnya di sana. Kita masih sedang kembangkan di sana, kita bekerjasama juga dengan BNNP Surabaya,” tandas mantan Dir Sabhara Polda NTT ini. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga