4 Tips Jitu Membuat Inovasi dalam Bisnis Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
4 Tips Jitu Membuat Inovasi dalam Bisnis Kamu
Supaya bisnis bisa perkembangan maka tidak ada jalan lain, kecuali dengan mengetahui tips bisa berinovasi. Foto: Repro google.com

" Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar bisnis bisa terus berkembang adalah dengan berinovasi. Maka perlu mengetahui tips bisa membuat inovasi ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar bisnis bisa terus berkembang adalah dengan berinovasi. Maka perlu mengetahui tips bisa membuat inovasi ini.

Menurut KBBI, dikutip dari studilmu.com, inovasi merupakan pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, atau pembaharuan.

Pengertian dari inovasi lainnya adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Cegah Kamu Terserang Stroke

Salah satu tujuan dari inovasi ini adalah menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. Seseorang yang berhasil melakukan sebuah inovasi adalah seseorang yang inovatif.

Secara tidak langsung, manfaat inovatif adalah membawa sesuatu hal yang baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia dan membawa manusia ke dalam kondisi kehidupan yang lebih baik. 

Olehnya iu, agar bisnis kita bisa terus mengalami perkembangan maka tidak ada jalan lain, kecuali dengan mengetahui tips bisa berinovasi.

Melansir detik.com dari Tung Desem Waringin selaku motivator dan pakar marketing Indonesia, berikut beberapa tips untuk inovasi membuat bisnis lebih maju:

1. Ciptakan Produk Unik

Salah satu inovasi yang bisa lakukan adalah dengan menciptakan produk yang unik. Dengan demikian, produk kamu bisa memiliki daya saing yang tinggi.

Selain itu, ksmu juga bisa mengembangkan produk yang sudah ada, agar memiliki nilai tambah, dengan meningkatkan kualitas, meng-upgrade fitur, atau memperbaiki bentuk supaya lebih menarik.

2. Upgrade Skill Sumber Daya Manusia

Dalam menciptakan produk yang inovatif, dibutuhkan tenaga kerja yang kompeten dengan kreativitas yang tinggi.

Untuk itu, yang harus diingat oleh pelaku usaha adalah melakukan upgrade skill, pengetahuan, dan karyawan sebelum membuat produk yang inovatif.

3. Memanfaatkan Teknologi

Teknologi modern memberikan kontribusi yang signifikan, dalam hal proses produksi dan operasional bisnis.

Manfaat dari adanya kemajuan teknologi, juga bisa membuta kita menjadi lebih produktif. Sehingga, nantinya bisa menghasilkan produk yang bermutu, serta mengurangi risiko kerja seperti human error.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Agar Hidup Lebih Hemat

4. Memberikan Pelayanan Khusus

Memberikan pelayanan khusus pada konsumen merupakan inovasi, yang bisa lakukan. Supaya, konsumen tetap setia dengan produk kamu. Misalnya, memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara online maupun gratis ongkos kirim.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mendorong bisnis yang dijalankan bisa berinovasi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga