4 Tips Mudah Atasi Sikap Pesimis

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 15 Januari 2023
0 dilihat
4 Tips Mudah Atasi Sikap Pesimis
Karena dampaknya sangat bahaya bagi masa depan, maka perlu untuk mengetahui cara mengatasi sikap pesimis ini. Foto: Shutterstock

" Salah satu sifat yang menghambat kesuksesan adalah pesimis. Untuk bisa diatasi sifat negatif ini, banyak cara bisa dilakukan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu sifat yang menghambat kesuksesan adalah pesimis. Untuk bisa diatasi sifat negatif ini, banyak cara bisa dilakukan.

Dikutip dari hellosehat.com, pesimis merupakan orang yang bersikap atau berpandangan negatif terhadap suatu situasi atau peristiwa. Sikap pesimistis merupakan kebalikan dari sikap optimis.

Orang yang pesimis cenderung melihat segala sesuatunya secara negatif, berbeda dengan orang optimis yang memiliki kecenderungan untuk berpikir positif.

Karena dampaknya sangat bahaya bagi masa depan, maka perlu untuk mengetahui cara mengatasi sikap pesimis ini.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Kembangkan Potensi Diri pada Bidang Disukai

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips meminimalisir sikap pesimis:

1. Mulailah keluar dari zona nyaman

Seseorang menjadi tidak berkembang dan akan pesimis jika terlalu lama berada di zona nyaman. Dampaknya adalah kepercayaan diri akan berkurang, maka yang muncul bukan hal positif tapi hal negatif.

Cara mengatasinya yaitu dengan mulailah keluar dari zona nyaman dan lawan rasa takut itu. Jangan takut salah, teruslah melangkah agar kamu dapat terbiasa.

2. Jangan fokus pada kekuranganmu, tapi fokuslah pada kelebihanmu

Memikirkan kekurangan diri merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang pesimis. Setiap orang tentu memiliki kekurangannya sendiri, jadi memikirkan kekurangan diri tidak akan ada habisnya.

Maka, sangat disayangkan kalau hanya berfokus pada kekurangan, cobalah ingat kelebihanmu untuk menguatkan diri. Ingatlah sesuatu yang membanggakan pada dirimu sehingga kamu akan lebih percaya diri.

3. Jangan berpikir negatif

Faktor utama seseorang mempunyai perilaku negatif adalah karena pikirannya sendiri. Pada saat berpikir tentang rasa takut sebelum memulai sesuatu, akhirnya cuma ketakutan tersebut saja yang ada di pikiran.

Terlalu berpikir dengan berlebihan membuat dirimu tidak berani mengambil keputusan. Buang jauh-jauh pikiran negatif itu untuk mengatasinya, kamu harus ingat akibatnya yang sangat merugikan.

Baca Juga: 3 Tips Mudah Berpikir Cepat agar Tidak Menunda Pekerjaan

4. Jangan terlalu khawatirkan masa depan

Terlalu berlebihan memikirkan masa depan bisa menimbulkan sikap pesimis. Bukannya menambah semangat, khawatir secara berlebihan justru membuat kamu jadi takut melakukan apapun.

Jangan sampai hal itu merusak karakter kamu sendiri, cobalah untuk menyeimbangkan antara pikiran dan tindakan. Rasa khawatir itu jangan dibiarkan hingga membuatmu jadi terbebani, tetap tenang karena masa depan akan cerah selama kamu berusaha dan berdoa.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk meminimalisir sikap pesimis. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga