5 Bahan Alami Ini Efektif untuk Produk Perawatan Kulit

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 01 Februari 2023
0 dilihat
5 Bahan Alami Ini Efektif untuk Produk Perawatan Kulit
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, di antaranya dengan bahan alami. Foto: Repro alodokter.com

" Kulit menjadi bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Banyak cara yang bisa digunakan untuk kulit, diantaranya dengan bahan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Kulit menjadi bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Banyak cara yang bisa digunakan untuk kulit, diantaranya dengan bahan alami.

Pada umumnya, dikutip dari wikipedia, perawatan kulit merupakan rangkaian dari berbagai penerapan yang mendukung keadaan integritas kulit, untuk meningkatkan sebuah penampilan dan mengubah kondisi kulit.

Mereka dapat mengandung nutrisi, menghindari dari paparan sinar matahari yang berlebihan dan penggunaan produk kulit emolien yang tepat.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, diantaranya dengan bahan alami.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Agar Tak Mudah Lelah Kerja

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan alami untuk produk perawatan yang terbukti memberikan manfaat bagi kulit:

1. Minyak Biji Delima (Pomegranate Seed Oil)

Vitamin C yang ditemukan dalam minyak delima adalah salah satu vitamin terpenting untuk kesehatan kulit. Minyak ini mengandung banyak vitamin C, yang membantu menutrisi dan memperbaiki kulit.

Minyak biji delima meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi munculnya jaringan parut dan membantu memperbaiki kulit yang rusak. Ini juga memberikan kelembaban yang tahan lama tanpa meninggalkan residu berminyak atau pori-pori tersumbat.

Minyak delima memiliki sifat antioksidan yang tinggi dan membantu melindungi kulit dari penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Ekstrak Daun Bearberry (Bearberry Leaf Extract)

Arbutin memberi bearberry efek pencerah kulit yang kuat. Peneliti dari International Journal of Dermatology telah menunjukkan bahwa ekstrak bearberry memiliki sifat mencerahkan kulit selain sifat antioksidannya. Rahasianya terletak pada unsur yang ditemukan dalam daun bearberry yaitu alpha arbutin, yang memiliki sifat tabir surya.

Oleh karena itu, produk perawatan kulit yang kaya akan alpha arbutin dapat secara efektif mencerahkan warna kulit yang tidak rata dan menambah kilau pada kulit. Zat ini lembut pada semua jenis kulit dan juga memiliki sifat anti penuaan.

Menggunakan produk pencerah yang mengandung ekstrak bearberry dapat membuat kulit tampak lebih muda dan cerah alami, bahkan menghilangkan bekas jerawat dan bintik-bintik.

3. Minyak Marula (Marula Oil)

Minyak marula berasal dari biji buah marula Afrika. Selama ratusan tahun, orang-orang di Afrika bagian selatan telah menggunakannya sebagai bahan perawatan dan pelindung kulit.

Minyak marula digunakan sebagai pelembab. Teksturnya ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Kandungan ini dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan bekas jerawat.

Minyak marula membantu melembabkan dan memperbaiki penampilan kulit. Ini juga dapat berfungsi sebagai pelembab bibir.

Peneliti dari Wiley International Journal of Food Science & Technology menunjukkan bahwa minyak marula tinggi akan antioksidan dan asam lemak.

H ini memiliki sifat antibiotik yang membuatnya ideal untuk kulit berjerawat atau iritasi. Karena minyak marula ringan, ia terserap dengan mudah di kulit. Ini menjadikannya pelembab yang efektif untuk kulit kering.

4. Minyak Jojoba (Jojoba Oil)

Berasal dari Meksiko, tanaman jojoba merupakan tanaman perdu. Bijinya dapat diekstraksi dan digunakan sebagai minyak. Terlepas dari namanya, minyak jojoba sebenarnya bertekstur seperti lilin cair.

Banyak kondisi kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis dapat diobati dengan minyak jojoba. Minyak jojoba dapat dimanfaatkan sebagai pembersih, termasuk juga sebagai pelembab dan perawatan noda.

Peneliti dari International Journal of Cosmetic Science mengungkap cara kerja minyak jojoba yaitu, membantu lapisan atas kulit menarik kelembaban dengan menjaga kulit tetap terhidrasi. Kondisi tersebut membantu mencegah infeksi bakteri, ketombe dan jerawat.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Kurangi Stres Saat Kerja di Kantor

5. Ekstrak Akar Licorice (Licorice Root Extract)

Ekstrak akar licorice sangat bagus untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Licorice sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita dermatitis atopik, atau kondisi kulit umum yang melibatkan kemerahan dan iritasi, seperti jerawat dan eksim.

Hasil penelitian dari Cosmetics Journal mengungkap bahwa ekstrak akar licorice membantu mencegah bintik hitam karena kandungan glabridin didalamnya. Bintik hitam atau warna kulit tidak merata terjadi saat enzim tirosinase menghasilkan terlalu banyak melanin.

Glabridin membantu mencegah bintik hitam dengan menghambat produksi enzim tirosinase yang mengontrol produksi melanin. 

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga