5 Cara Ini Bisa Mengurangi Stres Saat Bekerja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 13 November 2022
0 dilihat
5 Cara Ini Bisa Mengurangi Stres Saat Bekerja
Jika tidak ditangani dengan baik, stres dapat membuat seseorang sering mengalami sakit kepala, sakit perut, kesulitan tidur, kelelahan, dan berisiko mengalami cedera di tempat kerja. Foto: Repro alodokter.com

" Stres karena pekerjaan tak hanya bisa membuat kinerja menurun, tapi juga bisa memicu beragam masalah kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap profesi punya tantangan dan tekanannya masing-masing. Bukan hanya seorang pengusaha, tapi juga karyawan.

Seringkali ketika menghadapi tekanan dalam bekerja, sehingga mengalami stres. Akibatnya hidup jadi tidak tenang, bahkan menurunkan produktifitas dalam aktivitas hari-hari.

Dikutip dari alodokter.com, stres karena pekerjaan tak hanya bisa membuat kinerja menurun, tapi juga bisa memicu beragam masalah kesehatan.

Stres karena pekerjaan memang umum terjadi. Tetapi, bukan berarti hal ini boleh diabaikan. Jika tidak ditangani dengan baik, stres kerja dapat membuat seseorang sering mengalami sakit kepala, sakit perut, kesulitan tidur, kelelahan, dan berisiko mengalami cedera di tempat kerja.

Oleh karena itu, jika kamu seorang pekerja, penting untuk mengetahui cara mengatasinya, agar kondisi ini tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara yang dapat mengurangi stres saat dalam dunia kerja:

1. Memahami Situasi

Setiap pilihan pastinya memiliki konsekuensi tersendiri, begitu pula konsekuensi menjadi seorang karyawan. Salah satu cara untuk mengurangi stres dalam dunia kerja adalah memahami situasi.

Bagi seorang karyawan, menyiapkan mental dan juga memahami situasi dunia kerja dan cepat beradaptasi dalam setiap tugas pekerjaan adalah salah satu cara untuk menghindari stres dalam dunia kerja.

2. Memotivasi Diri

Tak ada kehidupan manusia yang dapat lepas dari permasalahan, begitu pula dalam perihal dunia kerja. Permasalahan pasti akan muncul pada saat kita bekerja.

Baca Juga: Awas, 3 Kerugian Ini Kamu Alami jika Mudah Tersinggung

Namun jika kita menemukan masalah dalam dunia kerja, hal yang terpenting adalah meyakinkan dan memotivasi diri bahwa dalam setiap persoalan pastinya memiliki jalan keluar. Dengan pribadi yang penuh semangat pastinya berbagai persoalan akan dapat teratasi.

3. Relaksasi Pasca Bekerja

Ketika bekerja pastinya kita akan menemukan berbagai tekanan, berbagai tekanan tersebut pastinya akan menguras tenaga dan pikiran kita tentunya.

Salah satu cara untuk mengurangi stres dalam dunia kerja adalah melakukan relaksasi setelah jam kerja berakhir. Kita dapat menonton film, mendengarkan musik, mengikuti kajian keagamaan, membaca komik atau membaca buku favorit adalah pilihan cara yang dapat dilakukan dalam melakukan relaksasi pasca bekerja.

4. Jangan Jauhi Interaksi Sosial

Tidak sedikit orang kala mengalami stres cenderung menjauhkan diri dari pada berinteraksi dengan orang lain.

Padahal dengan berbincang dengan orang lain dapat mengurangi tingkat stres yang kita miliki. Bahkan dengan mengobrol dengan orang lain kita dapat sedikit curhat dan mendapatkan solusi dari lawan bicara kita.

5. Perbaiki Tidur

Salah satu cara agar kita tidak mudah mengalami stres adalah dengan memperbaiki pola tidur. Tidur adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan kita.

Dengan menjaga pola tidur dapat membuat kita sehat dan lebih berenerjik pada saat melakukan berbagai tugas dalam dunia kerja.

6. Perbaiki Pola Makan

Selain perihal pola tidur yang harus dijaga, perkara pola makan pun jangan sampai kita lalai dalam menjaganya.

Baca Juga: 4 Manfaat Memiliki Lingkungan Pertemanan yang Berkualitas

Mungkin sebagian orang mengira bahwa pola makan tak berhubungan langsung dengan tingkat stres dalam dunia kerja. Padahal dengan menjaga pola makan, tubuh kita akan terasa lebih fit dan memberikan energi yang positif dalam menjalani beratnya tekanan dalam dunia kerja. 

7. Olah Raga

Aktivitas fisik tentunya dapat mengurangi kepenatan dalam bekerja, lakukanlah aktivitas fisik seperti berolahraga di hari libur anda.

Berolahraga baik secara individu maupun dalam sebuah tim semisal bermain futsal dan basket dapat mengurangi tingkat stres dalam hidup kita yang dibawa dari rutinitas di dunia kerja.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat mengurangi stres saat bekerja. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga