Awas, 3 Kerugian Ini Kamu Alami jika Mudah Tersinggung

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 12 November 2022
0 dilihat
Awas, 3 Kerugian Ini Kamu Alami jika Mudah Tersinggung
Mudah tersinggung terhadap ucapan orang akan memberikan dampak buruk bagi mental kita. Foto: Repro huffingtonpost.com

" Meski merasa tersinggung karena ucapan dan perbuatan kasar orang lain merupakan hal yang wajar, tapi dapat memberikan dampak buruk dan kerugian "

KENDARI, TELISIK.ID - Tersinggung dengan ucapan orang lain sering dialami. Hal ini memang wajar saja, namun jika terlalu mudah tersinggung, bisa memberikan dampak buruk.

Dikutip dari sehatq.com, seseorang mudah tersinggung dapat disebabkan oleh kepribadian yang sangat sensitif.

Sangat sensitif di sini dapat didefinisikan sebagai respons fisik, mental, dan emosional akut terhadap rangsangan internal (dari dalam diri) atau eksternal (lingkungan dan sosial).

Selain itu, penyebab orang mudah tersinggung atau marah juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan mental.

Hanya saja, meski merasa tersinggung karena ucapan dan perbuatan kasar orang lain merupakan hal yang wajar, tapi dapat memberikan dampak buruk dan kerugian.

Baca Juga: 4 Manfaat Memiliki Lingkungan Pertemanan yang Berkualitas

Melansir yoursay.id, berikut kerugian yang kita rasakan jika mudah tersinggung karena ucapan orang lain:

1. Membuat kita terlihat bodoh

Mudah tersinggung oleh perkataan orang malah ngebuat kita tampak bodoh. Sekalipun ucapan tersebut benar-benar ditujukan untuk diri kita. Cobalah tahan emosi sebentar, jangan langsung menanggapinya. Emang gak mudah sih. Tapi, wajib dicoba. Setelah itu berusaha memaafkan apa yang telah terjadi. 

2. Merusak citra diri

Menanggapi orang menyebalkan dan senang memancing emosi orang lain, tidak menguntungkan sama sekali. Yang ada malah ngerusak citra diri,  yang udah lama dibangun. Tadinya kita dikenal baik dan sopan. Namun, ketika mulai bereaksi gara-gara ucapan tidak mengenakkan tersebut, lunturlah sifat baik kita. 

3. Meracuni pikiran

Baca Juga: 7 Karakteristik Orang Cerdas, Cek Diri Kamu

Dan ini adalah bagian paling parah. Tersinggung oleh orang lain merupakan cikal bakal pikiran teracuni. Gimana gak?Soalnya kan hal tersebut bikin kita jadi overthinking. Memikirkan sesuatu secara berlebihan dan belum tentu bakalan terjadi pada hidup kita. 

So, dari sekarang kita harus mulai menjauhi persoalan yang dapat ngerusak diri. Meski hanya ucapan kalau menyakitkan, alangkah baiknya tidak usah didekati. Supaya kita gak mudah tertekan. Kalau bisa dibuang jauh-jauh. Mulai hari ini kita harus mendekati kebaikan. 

Nah, itulah beberapa kerugian yang kita rasakan jika mudah tersinggung karena ucapan orang lain. Olehnya itu penting untuk melatih diri agar tidak mudah tersinggung. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga