5 Jalan Tol Unik di Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 10 Maret 2023
0 dilihat
5 Jalan Tol Unik di Indonesia
Salah satu jalan tol unik di Indonesia, Tol Bali Mandara yang terletak di atas laut. Foto: Repro Bisnis.com

" Beberapa jalan tol di Indonesia ternyata tergolong unik karena karakter maupun lokasinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Jalan tol adalah jalan mulus penghubung antar kota maupun provinsi. Akses jalan tol saat ini sudah banyak dibangun oleh pemerintah untuk melancarkan mobilitas barang.

Beberapa jalan tol di Indonesia ternyata tergolong unik karena karakter maupun lokasinya. Berikut deretannya dilansir dari Beritadiy.pikiran-rakyat.com dan Cnbcindonesia.com.

1.  Jalan Tol Atas Laut Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara yang memiliki total panjang 12,7 km, merupakan jalan tol atas laut yang pertama di Indonesia dengan menyuguhkan pemandangan indah.

Jalan tol ini bahkan menjadi salah satu jalan tol atas air terpanjang di dunia dan menjadi satu-satunya di Indonesia yang memiliki jalur khusus untuk speeda motor.

Baca Juga: Unik: Lomba Melamun Akan Digelar di Indonesia, Ini Aturannya

2. Terowongan Gajah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Jalan tol Pekanbaru-Dumai dibangun underpass untuk binatang seperti gajah Sumatera agar dapat berlalu lalang. Terdapat lima buah terowongan perlintasan satwa yang dibangun ini disiapkan dengan bentang 25-45 meter dan tinggi 5,1 meter.

3. Pemandangan Gunung Merbabu GT Salatiga

Terletak di jalan Tol Semarang-Solo, gerbang tol Salatiga memiliki pemandangan indah dengan latar belakang Gunung Merbabu.

4. Singing Road Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri

Terletak di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri kilometer 616, singing road ini dipasang atau jalan bernada dengan marka jalan berbentuk rumbble strip sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap yaitu nada "Happy Birthday to you" atau selamat ulang tahun.

Baca Juga: 11 Ide Jualan Unik di Bulan Puasa

Singing road dipasang untuk mengembalikan fokus pengemudi agar dapat berkonsentrasi saat berkendara.

5.  Twin Tunnel Jalan Tol Cisumdawu

Di jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terdapat terowongan jalan tol terpanjang di Indonesia, dan juga menjadi tol pertama yang memiliki terowongan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga