5 Makanan Ini Bantu Cegah Sembelit Saat Puasa Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 28 Maret 2023
0 dilihat
5 Makanan Ini Bantu Cegah Sembelit Saat Puasa Ramadan
Sembelit sering dialami oleh sebagian orang saat menjalankan ibadah puasa ramadan. Foto: timesofindia.indiatimes.com

" Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami sebagian orang saat puasa adalah sembelit. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami sebagian orang saat puasa adalah sembelit. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari siloamhospitals.com, sembelit merupakan kondisi di mana seseorang mengalami keluhan susah buang air besar (BAB).

Masalah kesehatan ini disebabkan oleh penurunan aktivitas usus. Gejala awal yang paling umum yaitu BAB yang tidak tidak teratur, dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu.

Seringkali sembelit ini dialami oleh sebagian orang saat menjalankan ibadah puasa ramadan.

Baca Juga: 5 Tips Diet Sehat Saat Puasa

Untuk mencegah sembelit ini banyak cara bisa dilakukan, di antaranya adalah mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Melansir yoursay.id dari laman alodokter.com, berikut beberapa makanan yang dapat mencegah sembelit:

1. Kurma

Kudapan manis yang selalu terhidang saat berbuka ini ternyata memiliki banyak manfaat. Buah legit ini dapat mencegah sembelit karena tinggi serat. Yakni sebesar 7-8 gram dalam setiap 100 gramnya.

Manfaat lain yaitu kandungan antioksidan dalam kurma ternyata dapat mencegah berbagai macam penyakit.

2. Daun Singkong

Olahan daun singkong selalu lezat apalagi dipadukan dengan nasi padang. Daun singkong sendiri mengandung serat yang tinggi. Yakni sekitar 2,4 gram per 100 gramnya.

Ketika kamu dan keluarga mengonsumsi daun singkong, maka kamu akan terhindar dari resiko sembelit dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

Dalam daun singkong terdapat pula antioksidan polifenol yang tinggi yang memiliki peran untuk dapat mencegah bahaya radikal bebas pada tubuh.

3. Semangka

Buah manis berwarna merah yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan ini ternyata juga dapat mencegah sembelit. Buah ini memiliki kadar air yang cukup tinggi yakni sekitar 92%.

Tingginya air dalam buah ini dapat melancarkan kerja dalam sistem pencernaan sehingga katakan selamat tinggal pada sembelit.

Semangka juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, likopen, serta senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

4. Wortel

Bukan hanya kaya akan vitamin A, nyatanya wortel menyimpan banyak serat di dalamnya. Dalam 100 gram wortel terdapat 1gram serat di dalamnya.

Nutrisi yang terkandung dalam wortel dapat membantu dan mencegah untuk meringankan sembelit ketika kamu berpuasa.

Ketika kamu rutin mengkonsumsi wortel ternyata sayur satu ini dapat memperkuat antibodi, yang akan membuat tubuhmu tidak mudah sakit.

Baca Juga: 3 Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

5. Apel

Buah manis dan sedikit masam ini juga bisa membantu untuk mencegah sembelit karena kandungan serat yang larut dalam air yang disebut dengan pektin.

Nutrisi ini dapat melunakkan tinja serta meningkatkan gerak usus, hal ini akan membuat proses pengeluaran tinja dilakukan lebih cepat. Dalam 100 gram apel terkandung 2,6 gram serat.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah sembelit saat menjalani ibadah puasa bulan ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga