5 Makanan Ini Perlu Kamu Hindari saat Batuk

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 22 Desember 2022
0 dilihat
5 Makanan Ini Perlu Kamu Hindari saat Batuk
Batuk adalah tindakan refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing. Foto: Repro shutterstock.com

" Batuk menjadi salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami seseorang. Saat batuk, banyak hal yang harus dijaga, termasuk dari jenis makanan tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Batuk menjadi salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami seseorang. Saat batuk, banyak hal yang harus dijaga, termasuk dari jenis makanan tertentu.

Dikutip dari halodoc.com, batuk merupakan tindakan refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing. Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering untuk batuk.

Sebagian besar gejala akan hilang atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu. Kendati demikian, kita perlu menghindari berbagai hal yang bisa memperparah batuk, salah satunya ada makanan tertentu.

Baca Juga: Awas, Ini 9 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Otak Lemot

Melansir kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat batuk menyerang:

1. Asupan berkafein

Dilansir dari WebMD, asupan berkafein seperti kopi, teh, cokelat, atau minuman berenergi bisa membuat tenggorokan kering dan bisa menyebabkan batuk. Untuk itu, hindari dulu mengonsumsi asupan berkafein.

Ketimbang mengonsumsi asupan berkafein, saat batuk coba minum banyak cairan seperti air putih hangat, wedang jahe, wedang lemon dan madu hangat yang dapat melegakan tenggorokan dan batuk.

2. Susu dan produk turunannya

Dilansir dari PristyneCare, susu, keju, mentega, dan produk turunan susu lainnya sebaiknya juga dihindari saat batuk, terutama batuk berdahak.

Makanan ini disebut-sebut dapat meningkatkan produksi lendir. Meskipun masih bersifat anekdoktal, tak ada salahnya untuk sementara Anda tidak mengonsumsi susu dan produk turunannya saat batuk berdahak.

3. Gorengan

Gorengan termasuk makanan yang tidak boleh dimakan saat batuk. Makanan yang digoreng dapat membuat tubuh memproduksi lendir lebih banyak dan memicu batuk semakin parah.

Selama batuk dan demi menjaga kesehatan, hindari segala jenis gorengan dan ganti makanan yang digoreng dengan makanan yang ditumis, dikukus, atau direbus.

4. Asupan berpemanis

Segala jenis makanan dan minuman berpemanis atau diberi tambahan gula sebaiknya dihindari saat batuk.

Makanan yang dilarang saat batuk ini bisa menyebabkan peradangan, sehingga dapat memperburuk gejala batuk dan pilek.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Ini Ternyata Bisa Bikin Gemuk

5. Makanan tinggi histamin

Beberapa makanan seperti alpukat, jamur, stroberi, yogurt, cuka, dan makanan yang difermentasi biasanya banyak mengandung histamin.

Histamin adalah zat kimia yang bekerja dengan cara memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak lendir. Jadi, saat Anda terserang batuk berdahak dan pilek, untuk sementara hindari dulu makanan tinggi histamin.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat batuk dan pilek. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga