5 Makanan Sehat yang Baik Bagi Penderita Jerawat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
5 Makanan Sehat yang Baik Bagi Penderita Jerawat
Pepaya memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain yang dipercaya dapat mengurangi peradangan. Foto: Repro Haibunda.com

" Minuman atau makanan tinggi gula, tinggi lemak jenuh dan lemak trans, dapat meningkatkan peradangan dan merangsang produksi minyak berlebih di kulit, secara tidak langsung memicu tumbuhnya jerawat "

KENDARI, TELISIK.ID - Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan dewasa muda.

Penyebab jerawat dipengaruhi kombinasi faktor, seperti produksi minyak berlebih, perubahan hormon, genetik, polusi udara, paparan rokok, stres berlebihan, atau pola makan tidak sehat.  

Minuman atau makanan tertentu seperti asupan tinggi gula, tinggi lemak jenuh dan lemak trans, dapat meningkatkan peradangan dan merangsang produksi minyak berlebih di kulit, yang secara tidak langsung memicu jerawat seperti dikutip dari Kompas.com. 

Berikut jenis makanan yang bisa membantu menghilangkan jerawat dikutip dari Kompas.com dan Hellosehat.com:

1. Brokoli

Brokoli potensial sebagai makanan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung zat antioksidan dan antiperadangan jenis sulforaphane. Zat ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, brokoli juga rendah leusin yang bisa mengurangi produksi sebum. 

Baca Juga: Tips Efektif Hilangkan Jerawat Batu di Wajah

2. Labu

Labu mengandung serat, zinc, dan alpha hydroxy acid (AHA) alami yang dapat membantu menjaga kekenyalan kulit, mengontrol produksi minyak atau sebum, dan mengembalikan keseimbangan kadar keasaman atau pH kulit, sehingga cocok untuk mencegah jerawat.

3. Lemon

Air lemon dapat bekerja sebagai astrigen alami, sehingga dipercaya dapat mengencangkan kulit dan menyamarkan noda. 

Penggunaan air lemon langsung pada kulit tidak disarankan karena dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Meski begitu, khasiat air lemon yang hendak diminum atau bagian dari makanan Anda bisa membantu membasmi jerawat.

4. Ubi

Salah satu makanan yang cukup terkenal untuk mengatasi jerawat yaitu ubi. Pasalnya, ubi kaya akan vitamin A yang ternyata bisa berkhasiat untuk kulit berjerawat. 

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat Tak Kunjung Hilang

Begini, vitamin A memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit seseorang. Sebagai contoh, krim wajah yang mengandung turunan vitamin A (retinol) dikenal akan keampuhannya menghilangkan jerawat. 

5. Pepaya

Dikenal sebagai buah pelancar BAB, tak banyak orang yang tahu bahwa pepaya bisa dijadikan sebagai makanan untuk menghilangkan jerawat. Kandungan enzim papain dan chymopapain pada pepaya dipercaya dapat mengurangi peradangan. 

Papain pelarut protein bisa dijumpai pada produk pengelupasan kulit. Produk tersebut membantu menghilangkan jerawat dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga