7 Minuman Ini Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 19 Maret 2023
0 dilihat
7 Minuman Ini Bisa Jaga Kesehatan Jantung
Menjaga kesehatan jantung ini bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi minuman tertentu. Foto: halodoc.com

" Untuk menjaga kesehatan jantung banyak cara bisa dilakukan, di antaranya adalah dengan rutin mengkonsumsi minuman tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menjaga kesehatan jantung banyak cara bisa dilakukan, di antaranya adalah dengan rutin mengkonsumsi minuman tertentu.

Dikutip dari alodokter.com, penyakit jantung merupakan kondisi ketika bagian jantung yang meliputi pembuluh darah jantung, selaput jantung, katup jantung, dan otot jantung mengalami gangguan.

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti sumbatan pada pembuluh darah jantung, peradangan, infeksi, atau kelainan bawaan.

Menjaga kesehatan jantung ini bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya adalah dengan rutin mengkonsumsi minuman tertentu.

Baca Juga: Mana Lebih Sehat Nasi atau Mi Instan? Simak Penjelasannya

Melansir idntimes.com dari berbagai sumber, berikut beberapa minuman yang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung:

1. Teh hijau dan matcha

Teh hijau juga merupakan salah satu minuman paling sehat. Teh ini mengandung tinggi flavanol, yang mana ini merupakan jenis antioksidan, dan telah terbukti berkaitan dengan penurunan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Artinya, minum teh hijau secara rutin dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Reviews tahun 2007 melakukan observasi di beberapa negara Asia Tenggara. Hasilnya, ditemukan ada hubungan antara konsumsi teh hijau dan penurunan jumlah masalah kesehatan kardiovaskular.

Dikatakan juga terdapat hubungan antara minum teh hijau secara teratur dan pengurangan lemak tubuh, yang juga terkait dengan kesehatan jantung.

Ada pula matcha, yaitu tipe teh hijau yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi. EGCG adalah senyawa polifenol memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat. Nah, mengonsumsinya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Studi dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2018 menunjukkan bahwa EGCG membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan zat lemak di dinding arteri, dan dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

Inilah sebabnya mengapa asupan teh hijau telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke dalam banyak penelitian.

2. Air putih

Menurut Natalia Dmitrieva, PhD, peneliti dari National Institutes of Health (NIH), mempertahankan hidrasi yang baik dapat memperlambat bahkan mencegah perubahan dalam jantung yang menyebabkan gagal jantung. Dengan minum setidaknya delapan gelas air sehari dapat membantu mengurangi risiko gagal jantung. 

Berdasarkan American Hearth Association (AHA), kondisi gagal jantung adalah ketika jantung tidak memompa dengan baik. Ketika seseorang mengalami hal ini, sel dalam tubuh tidak mendapat cukup darah, yang dapat menyebabkan kelelahan dan sesak napas. 

3. Smoothie sayuran

Untuk variasi, kamu juga bisa membuat smoothie hijau karena mengandung banyak nutrisi seperti potasium, antioksidan, dan bahan antiinflamasi. Kombinasi nutrisi ini dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung.

Satu penelitian dalam jurnal Biomedical and Environmental Sciences tahun 2008 mengamati manfaat minum jus kale setiap hari dan menemukan bahwa minuman ini dapat memengaruhi penanda darah secara positif, dan bahkan mengurangi risiko penyakit jantung koroner pada pria dengan kondisi hiperlipidemia.

Untuk membuat smoothie hijau atau smoothie sayuran, hindari menambahkan pemanis buatan. Sebagai gantinya, pilih pemanis alami dari buah-buahan dan sayuran, atau suplemen bubuk tanpa kandungan gula.

4. Hot chocolate

Kakao adalah bentuk biji cokelat murni dengan pemrosesan minimal dan lebih padat nutrisi daripada kebanyakan produk biji cokelat lainnya. Kakao dikemas dengan mineral dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kakao diketahui kaya akan antioksidan flavonoid yang terkenal berkat manfaat kardiovaskularnya.

Menurut studi ilmiah, mengonsumsi produk kakao dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Kamu bisa membuat hot chocolate atau minuman cokelat panas tanpa tambahan gula. Tambahkan satu sendok makan bubuk kakao ke dalam cangkir yang berisi susu panas. Kamu bisa menambahkan nutrisinya dengan menaburkan kayu manis bubuk atau madu.

5. Smoothie

Pas untuk diminum pada pagi hari, kamu bisa membuat smoothie yang mengandung serat, antioksidan, protein, dan omega-3 untuk sarapan. 

Menurut Mariell Jessup, MD, seorang kardiolog sekaligus tim medis American Heart Association mengatakan kepada Well+Good bahwa asam lemak omega-3 seperti kacang-kacangan dan biji-bijian terkait dengan penurunan tekanan darah dan risiko stroke.

Sementara itu, sumber antioksidan seperti blueberi, blackberry, dan rasberi dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas atau sel yang berpotensi menyebabkan kanker.

Serat bisa didapat dari gandum atau biji-bijian memiliki kadar indeks glikemik rendah, yang dapat mendukung peningkatan gula darah yang lambat, bukan lonjakan dan penurunan gula darah yang cepat.

6. Kopi

Kopi bukan saja nikmat untuk diminum sebelum memulai hari atau saat mengantuk, tetapi minuman ini juga telah dikaitkan dengan beberapa manfaat untuk kesehatan jantung. Sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan kopi secara teratur dengan penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan.

Dilansir Healthline, satu metaanalisis dari 218 penelitian menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir kopi per hari memiliki 19 persen penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dibanding dengan orang-orang yang tidak minum kopi.

Rekomendasinya adalah minum kopi hitam tanpa tambahan gula. Atau, kamu juga bisa mencampurkan kopi dengan bahan-bahan yang sehat buat jantung lainnya, seperti pisang, mentega almon, dan bubuk kakao ke dalam smoothie.

7. Susu nabati

Susu tersedia dalam beberapa bentuk, baik hewani maupun nabati. Susu sebenarnya bukan asupan esensial untuk menjaga kesehatan jantung, tetapi tetap penting untuk mendapatkan kalsium dari sumber makanan lainnya.

Susu nabati bisa menjadi pilihan bagi beberapa orang. Contohnya adalah susu kedelai, susu almon, susu beras, dan susu oat. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Dapat Mengganggu Kualitas Tidur

Pilihan susu nabati tersebut bervariasi dalam hal berapa banyak gizi mereka, yang tergantung pada:

- Bahan utama pembuat susu (misalnya oat).

- Bahan tambahan yang digunakan (misalnya gula).

- Nutrisi yang ditambahkan (dikenal sebagai fortifikasi, misalnya kalsium tambahan).

- Bacalah keterangan di kemasan produk sebelum membelinya. Pilihlah susu nabati yang difortifikasi kalsium dan tanpa tambahan gula.

Nah, itulah beberapa pilihan minuman yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga