Deretan Makanan Ini Mengandung Gluten yang Berbahaya untuk Kesehatan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Deretan Makanan Ini Mengandung Gluten yang Berbahaya untuk Kesehatan
Kebanyakan roti, biskuit, dan kerupuk mengandung gluten. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan membaca komposisinya dan memeriksa biji-bijian apa yang digunakan. Foto: Repro Depositphotos.com

" Peptida yang ditemukan dalam gluten resisten terhadap asam lambung, yang dapat melemahkan pencernaan bagi sebagian orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa orang mengalami risiko kesehatan saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gluten adalah nama untuk protein yang biasa ditemukan dalam tepung dan gandum. 

Gluten sendiri mengandung peptida, yaitu sejenis protein yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Terutama akan berdampak pada pengidap obesitas, kelelahan kronis, dan gangguan pencernaan.

Mengutip Merdeka.com, gluten biasanya ditambahkan ke dalam makanan sebagai zat pengental atau untuk memberi tekstur dan rasa. Gluten memiliki kualitas yang elastis dan merupakan bahan yang memberi tekstur kenyal pada roti dan makanan yang dipanggang. 

Makan biji-bijian seperti gandum, jelai, dan gandum hitam dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Namun, gluten dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi sebagian orang.

Peptida yang ditemukan dalam gluten resisten terhadap asam lambung, yang dapat melemahkan pencernaan bagi sebagian orang. Peptida ini dapat menyebabkan berbagai gejala mulai dari gangguan pencernaan ringan hingga kondisi kesehatan yang lebih serius.

Daftar makanan sumber gluten dilansir dari Kompas.com:

1. Biji-bijian seperti:

Baca Juga: Ini Jumlah Langkah Kaki yang Bisa Sehatkan Jantung

- Gandum

- Jelai

- Gandum hitam

- Triticale Gandum romawi (spelt)

- Kamut

- Berry gandum

- Farro Couscous

2. Makanan yang Dipanggang

Makanan yang dipanggang seperti kue, biskuit, donat, muffin, dan pai mengandung gluten serta pancake dan wafel. Semacam spageti. 

3. Sereal

Tidak semua sereal sarapan mengandung gandum, tetapi banyak yang mengandung gandum, jadi pastikan untuk memeriksa label nutrisinya. Oat juga ada yang diproses dengan gandum. Oleh karena itu, kecuali jika diberi label bebas gluten, produk oat juga akan mengandung gluten.

4. Bir

Bir dibuat dari malt barley yang mengandung gluten. Beberapa minuman keras telah menambahkan gandum, jadi pastikan untuk mempelajari bahan-bahannya.

Baca Juga: Jangan Lakukan 11 Kebiasaan Ini, Bisa jadi Penyebab Timbulnya Jerawat

5. Saus

Kuah dan makanan siap saji yang mengandung kuah mengandung gluten. Campuran saus bubuk juga mengandung gluten kecuali secara khusus diberi label "bebas gluten".

6. Sup kemasan

Banyak sup kalengan menggunakan tepung terigu sebagai bahan pengental. Selalu periksa kembali label nutrisi untuk memastikan bahwa sup kaleng yang Anda beli bebas gluten.

7. Biskuit

Makanan ringan populer seperti kerupuk, pretzel, dan beberapa jenis keripik mengandung gluten. Kebanyakan roti, biskuit, dan kerupuk mengandung gluten. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan membaca komposisinya dan memeriksa biji-bijian apa yang digunakan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga