6 Jenis Tanaman Ini Bantu Usir Tikus dari dalam Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 23 April 2024
0 dilihat
6 Jenis Tanaman Ini Bantu Usir Tikus dari dalam Rumah
Terdapat jenis tanaman tertentu yang dapat mengusir tikus dari dalam rumah. Foto: Repro Shutterstock/Igor Normann

" Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tikus berkeliaran di dalam rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu hewan yang kerap kali masuk dalam rumah dan membuat tidak nyaman adalah tikus. Untuk mengusir tikus, dapat dilakukan dengan menyimpan jenis tanaman tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari haibunda.com, kehadiran tikus di dalam rumah tentu menjadi hama yang paling menyebalkan. Hewan satu ini tentunya merugikan manusia salah satunya membawa penyakit.

Biasanya tikus tinggal di tempat yang kotor. Jika menemukan tikus di rumah, baiknya segera bersihkan tempat tersebut. Hal ini berguna untuk mencegah munculnya berbagai penyakit dan virus.

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah tikus berkeliaran. Salah satunya dengan cara alami, yakni menyimpan jenis tanaman tertentu yang dapat membantu mengusir tikus di dalam rumah.

Ada tanaman-tanaman tertentu yang bisa jadi pengusir tikus. Tanaman-tanaman ini dikenal dengan aromanya yang tak disukai hewan pengerat. Perlu diketahui, hewan pengerat seperti tikus memiliki indera penciuman yang kuat.

Lantas, apa saja jenis tanaman yang dapat membantu mengusir tikus dalam rumah?

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis tanaman yang dapat mengusir tikus dalam rumah:

1. Krisan

Jenis tanaman pertama yang dapat mengusir tikus dalam rumah adalah krisan. krisan ini adalah tanaman berwarna-warni yang mengeluarkan bau menyengat bagi tikus.

Selain itu, bunga dari tanaman ini juga mengandung kombinasi khusus senyawa insektisida yang bisa menjadi racun. Namun ingat, bunga krisan cukup beracun bagi kucing dan anjing.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Tidak Baik Dikonsumsi Bersama Mi Instan

Jika ingin ada tanaman ini di rumah, Anda perlu menanamnya di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh.

2. Lavender

Jenis tanaman selanjutnya adalah lavender. Tanaman cantik berwarna ungu ini dikenal dengan aromanya yang menyegarkan.

Bagi manusia, aroma lavender bisa memberikan efek tenang, tapi tidak bagi tikus. Alih-alih menyenangkan, tikus justru membenci aroma lavender.

Lavender adalah salah satu jenis tanaman yang membutuhkan cahaya matahari untuk tubuh. Maka jika ingin ada tanaman ini di rumah, Anda bisa menanamnya di area halaman rumah.

Selain menanamnya, Anda juga bisa menyimpan bunga lavender kering dalam kantung kecil. Letakkan kantung itu di tempat yang kemungkinan didatangi tikus di rumah.

3. Rosemary

Jenis tanaman ketiga yang dapat membantu mengusir tikus dalam rumah adalah rosemary.

Rosemary menjadi tanaman pengusir hama yang ideal di daerah beriklim sedang. Aromanya yang khas dapat menghalangi hewan pengerat untuk masuk.

4. Marigold

Keempat, jenis tanaman yang dapat mengusir tikus adalah marigold. Tanaman bunga satu ini saat mekar dapat mengeluarkan aroma yang hangat. Aroma ini sangat dibenci tikus.

Anda bisa menanam marigold di halaman rumah atau di dalam ruang dekat jendela yang mendapatkan penerangan terbaik.

5. Bunga daffodil

Tanaman selanjutnya adalah bunga daffodil. Bunga ini dianggap menjijikkan oleh tikus dan hewan pengerat lainnya.

Baca Juga: 5 Kandungan Jeruk Nipis Membantu Menyehatkan Tubuh

Jika ingin ada tanaman ini di rumah, Anda bisa menanam bunga ini di halaman rumah. Namun, perlu diingat, Anda perlu telaten menyiram dan merawat bunga ini jika tak mau layu dalam beberapa minggu.

6. Mint

Terakhir, jenis tanaman yang dapat membantu mengusir tikus adalah mint. Pasalnya, hewan pengerat juga membenci aroma segar dari tanaman mint.

Selain menanamnya di halaman rumah, Anda juga bisa membasahi bola kapas dengan minyak esensial peppermint. Tempatkan bola kapas tersebut di area yang mungkin bakal didatangi tikus.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman yang dapat membantu mengusir tikus dalam rumah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga