5 Petani Terkaya di Dunia yang Hartanya Triliunan, Orang China Juara

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 09 Oktober 2022
0 dilihat
5 Petani Terkaya di Dunia yang Hartanya Triliunan, Orang China Juara
Profesi petani sering dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Padahal kini banyak petani yang sukses. Foto: Repro Lifepal

" Profesi petani tak bisa dipandang sebelah mata. Petani pun bisa sukses yang kekayaannya mencapai triliunan rupiah "

KENDARI, TELISIK.ID - Profesi petani sering dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Mungkin karena mereka mengira pekerjaan tersebut kurang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Padahal, banyak petani berjuang demi menghidupi diri dan keluarganya.

Perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi saat ini seolah membuktikan bahwa profesi petani begitu menjanjikan. Banyak petani yang sukses, bahkan kekayaannya mengalahkan bos Facebook, Mark Zuckerberg.

Berikut Telisik.id merangkum 5 petani terkaya di dunia, dilansir dari berbagai sumber.

1. Liu Yongxing

Melansir Akurat.co, pada tahun 1980-an, Liu Yongxing memulai sebuah peternakan ayam sederhana bersama saudaranya. Setelah berpisah dengan saudaranya, pria yang berasal dari China ini mendirikan perusahaan East Hope Group di awal tahun 1990-an. Kini, Liu Yongxing memiliki kekayaan mencapai USD 6,6 miliar atau sekitar Rp 99,1 triliun.

Baca Juga: Nyotaimori, Tradisi Unik Makan Sushi di Atas Tubuh Wanita Tanpa Busana

2. Liu Yanghao

Sama dengan saudaranya, Liu Yanghao juga mendirikan perusahaan agrikulturnya yang baru dengan nama New Hope Liuhe setelah dirinya mendirikan perusahaan agrikultur bersama saudaranya sejak tahun 1982. Kini, perusahaan yang dibentuk pada tahun 1992 tersebut telah memiliki 500 anak perusahaan dengan kekayaan mencapai USD 4,6 miliar atau sekitar Rp 69,08 triliun.

3. Steward dan Lynda Resnick

Dimulai pada akhir tahun 1970-an, Steward dan Lynda Resnick mendirikan Wonderful Company dengan fokus utama pada budi daya almond, jeruk, dan anggur di lahannya yang terletak di California dan South Texas, Amerika Serikat. Kini, lebih dari separuh warga negara Amerika Serikat mengonsumsi berbagai produknya dan membuat keduanya memiliki kekayaan hingga USD 4 miliar atau sekitar Rp 60,07 triliun.

Baca Juga: Warga Miskin di Negara Ini Bisa Nikmati PSK Gratis, Pelayanan Full Seks

4. Pangeran Sultan bin Mohammed bin Saud Al Kabir

Melansir Sariagrid.id, Sultan Al Kabeer mendirikan perusahaan susu Almarai, di mana perusahaan tersebut diklaim sebagai yang terbesar di Timur Tengah. Selain peternakan sapi perah, Pangeran Sultan Al Kabeer juga memiliki peternakan kuda, kekayaannya ditaksir mencapai 3,8 miliar USD atau Rp 57,07 triliun.

5. Harry Stine

Dia merupakan anak petani yang berhasil melisensikan genetika jagung dan kedelai ke perusahaan besar. Perusahaannya, Stine Seeds adalah perusahaan benih swasta terbesar di dunia, menciptakan beberapa benih kedelai yang paling kuat secara genetik. Harry memiliki kekayaan sebesar 3,5 USD atau Rp 52,57 triliun. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga