5 Prioritas Pembangunan Infrastruktur Dasar Pemda Koltim di Tahun 2023

Ela Isabella, telisik indonesia
Senin, 07 Maret 2022
0 dilihat
5 Prioritas Pembangunan Infrastruktur Dasar Pemda Koltim di Tahun 2023
Suasana rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan Kabupaten Kolaka Timur tahun perencanaan 2023 di Aula kantor Camat Mowewe. Foto: Ela Isabella/Telisik

" Pemberantasan kemiskinan, peningkatan kualitas SDM, daya saing ekonomi dan produktivitas kerja, pembangunan berkelanjutan "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) melaksanakan rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan tahun perencanaan 2023, Senin (7/3/2022).

Pada kesempatan itu, Pj Koltim, Sulwan Aboenawas mengatakan, jika forum OPD merupakan wahana pembahasan dan konsolidasi untuk memperoleh kesepakatan bersama, mengenai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh setiap OPD pada tahun 2023 mendatang.

Mengusung tema pembangunan infrastruktur dasar serta pemulihan ekonomi masa pandemi COVID-19. Maka dari tema tersebut Sulwan menyebutkan, ada lima bidang prioritas pembangunan tahun 2023.

Pertama, percepatan pembangunan infrastruktur dasar yang berkelanjutan, kedua pembangunan manusia melalui akses pendidikan, kesehatan dan pemberantasan kemiskinan, ketiga peningkatan ekonomi melalui sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan UMKM, keempat, pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan seni budaya lokal serta menumbuhkan prestasi di bidang olahraga dan kelima, tata kelola pemerintahan yang baik.

"Salah satu ciri penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terlihat dari perencanaan yang baik dan berkualitas. Untuk itu diperlukan penyempurnaan pada mekanisme dan tahapan-tahapan perencanaan," ucapnya, Senin (7/3/2022).

Baca Juga: Komitmen Bupati Konawe Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Senada, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Koltim, Mustakim mengatakan, kegiatan tersebut untuk menjawab isu strategis RPJMD tahun 2021-2026.

Camat se-Koltim, beserta jajarannya saat menghadiri rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan tahun 2023. Foto: Ela/Telisik

 

"Pemberantasan kemiskinan, peningkatan kualitas SDM, daya saing ekonomi dan produktivitas kerja, pembangunan berkelanjutan," ucapnya.

Karena kegiatan tersebut sebagai bagian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) untuk tahun 2023.

"Dan nantinya akan dilanjutkan dengan desk Musrenbang," ucapnya Sulwan dalam sambutannya.

Sulwan juga menjelaskan, penyelenggaraan Forum OPD ini, bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang kecamatan.

Ada tiga tujuan kegiatan tersebut, pertama, menyelaraskan program dan kegiatan daerah, dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang tingkat kecamatan.

Kedua, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah, sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, dan ketiga, adalah menyelaraskan program dan kegiatan antar OPD dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran, sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

"Juga menyesuaikan dengan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagi indikatif untuk masing-masing OPD," jelasnya.

Berdasarkan tujuan dari penyelenggaraan forum tersebut, mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Sultra itu mengatakan, dari diskusi nanti diharapkan setiap OPD dapat merumuskan program dan kegiatan-kegiatan prioritas dalam rangka mendukung pencapaian sasaran prioritas pembangunan daerah tahun 2023 yang telah disinergikan.

Pj Bupati Koltim Sulwan Aboenawas didampingi Sekda Koltim, Belli, Asisten 2 Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah, Andi Ikbal, dan Kepala Bappeda Koltim, Mustakim. Foto: Ela/Telisik

 

"Selanjutnya akan dijadikan sebagai pokok bahasan pada desk Musrenbang yang akan ditetapkan pada Musrenbang kabupaten," pungkasnya.

Baca Juga: Perlengkapan dan Kemudahan BLUD RS Konawe, Warga Bisa Periksa Gratis

Lebih lanjut kata Mustakim, saat ini laju pertumbuhan ekonomi menjadi 0,3 persen, sangat jauh menurun dari tahun sebelumnya yaitu 5,6 persen dikarenakan adanya wabah COVID-19.

"Ini yang harus kita bangkitkan kembali ke angka 5,9 persen," katanya.

Beberapa OPD juga memaparkan program kerja pada tahun 2023, diantaranya Kepada Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum, Kadis Kesehatan, Kadis Tanaman Pangan dan Pertanian, Kadis Perkebunan dan Kadis Perumahan dan Permukiman Warga. (B)

Reporter: Ela Isabella

Editor: Kardin

Baca Juga