Komitmen Bupati Konawe Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 07 Maret 2022
0 dilihat
Komitmen Bupati Konawe Tingkatkan Pelayanan Masyarakat
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam kegiatan penyaluran bansos untuk masyarakat terdampak pendemi COVID-19. Foto: Ist

" Kery Saiful Konggoasa sangat menginginkan dalam pemerintahannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan transparan kepada masyarakat "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa sangat menginginkan dalam pemerintahannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan transparan kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan Bupati Konawe agar dapat memberikan jawaban atas keluhan dari masyarakatnya yang kerab mempermasalahkan mekanisme pelayanan yang dinilai kurang memuaskan.

Atas dasar itulah, Bupati Kery berkomitmen menghadirkan pelayanan publik yang prima, sehingga dapat memenuhi segala kebutuhan masyarakat Konawe yang menginginkan pelayanan yang berkualitas.

"Salah satu bentuk penilaian majunya suatu daerah itu ada pada masyarakat, sehingga kita harus betul-betul memberikan pelayanan optimal kepada mereka," kata Kery, Senin (7/3/2022).

Kunjungan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa di BLUD RS Konawe. Foto: Ist

 

Salah satu bentuk komitmen Bupati Konawe dua periode itu dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya dengan menghadirkan gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) yang terintegrasi.

"Nanti segi pelayanan dokumen administrasi akan terpusat di MPP sehingga masyarakat tidak ribet lagi mau mengurus," jelasnya.

Baca Juga: 231 Desa di Konawe Terima Rekomendasi Pencairan ADD Tahun Ini

Kemudian, dari segi pelayanan kesehatan, mantan Ketua DPRD Konawe itu telah menambah lagi satu gedung puskesmas baru di Kecamatan Amonggedo, serta memberikan pelayanan mudah terhadap masayarakat yang berobat di BLUD RS Konawe.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa meresmikan puskesmas baru di Kecamatan Amonggedo. Foto: Ist

 

"Pelayanan kesehatan ini juga merupakan kebutuhan dasar yang harus kita dipenuhi untuk masyarakat untuk berobat dan lain-lain, sehingga pelayanannya harus optimal," paparnya.

Kemudian, Kery juga menyampaikan, agar pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) agar memperbaiki kualitas pelayanannya sehingga terhindar dari praktek pungli. Sedangkan terkait perizinan, sudah diberi kemudahan, asal ketentuan dan syaratnya bisa dipenuhi yang berkepentingan.

"Kita tidak mempersulit siapa saja yang mau berinvestasi di sini, selama itu berdampak positif untuk daerah kita, silahkan," bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan menjelaskan, jika berdasarkan hasil penilaian dari tim independen pemerintah pusat pada tahun 2021, kualitas pelayanan publik bagi masyarakat di Konawe masih terbilang rendah.

Pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Konawe yang hampir Selesai. Foto: Ist

 

Hal itu disebabkan, karena Pemda Konawe belum memiliki gedung MPP, sehingga Bupati Kery bergerak cepat untuk mendorong kualitas pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik dengan membangun MPP pada pertengahan tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Perlengkapan dan Kemudahan BLUD RS Konawe, Warga Bisa Periksa Gratis

"Kita pastikan tahun ini gedung MPP yang berlokasi di eks kantor Satpol PP dan Damkar ini sudah bisa beroperasi," kata Ferdinand.

Lanjut Ferdinand, gedung MPP tersebut nantinya dilengkapi dengan jaringan internet serta ada sekitar 28 intansi keterwakilan dari Pemda Konawe yang akan melayani masyarakat dengan berbagai keperluan, seperti pengurusan kependudukan, pajak dan retribusi, perizinan, serta pengurusan SIM dan SKCK.

"Jadi untuk semua urusan dokumen masyarakat, akan terpusat di MPP itu, sehingga kita berharap dengan hadirnya MPP ini, tingkat pelayanan ke masyarakat kita itu bisa meningkat," harapan Jendral ASN Konawe itu. (B-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga