Kapolda NTB Umar Faroq Inspeksi Pengamanan Sirkuit MotoGP Mandalika 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 27 September 2024
0 dilihat
Kapolda NTB Umar Faroq Inspeksi Pengamanan Sirkuit MotoGP Mandalika 2024
Kapolda NTB, Irjen Pol. R. Umar Faroq saat memantau langsung pengamanan di Sirkuit Mandalika. Foto: Ist

" Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol. R. Umar Faroq, menegaskan kesiapan pengamanan menjelang event internasional MotoGP Mandalika 2024 "

MATARAM, TELISIK.ID — Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol. R. Umar Faroq, menegaskan kesiapan pengamanan menjelang event internasional MotoGP Mandalika 2024.

Dalam rangkaian inspeksi lapangan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika pada Kamis (26/9/2024), Umar bersama jajaran mengunjungi beberapa pos penting di area sirkuit.

Umar memulai pengecekan dari Pos Command Center Polda NTB yang berfungsi sebagai pusat koordinasi utama seluruh unsur pengamanan selama gelaran MotoGP.

“Pos ini melibatkan ribuan personel dari berbagai satuan tugas,” ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima telisik.id, Jumat (27/9/2024).

Baca Juga: Sosok Pembalap Termuda MotoGP 2024 Pedro Acosta, Kiprahnya Disandingkan dengan Marc Marquez

Setelah meninjau Command Center, Umar melanjutkan inspeksi ke Pos Pengamanan Blue Gate, salah satu gerbang utama masuk bagi para penonton. Ia menekankan pentingnya kelancaran akses masuk dan kelengkapan peralatan keamanan di lokasi tersebut.

“Kita ingin semua berjalan sesuai SOP, sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Umar juga mengunjungi Pos Kesehatan Polda NTB yang disiagakan di area sirkuit. Pos ini akan memberikan pelayanan kesehatan darurat selama MotoGP berlangsung, dengan dukungan tenaga medis yang siap menghadapi berbagai kondisi darurat.

Pengecekan berlanjut ke Pos Pengamanan Pertigaan West Gate dan Pos Pengamanan Bundaran Sunggung 2, yang berperan penting dalam menjaga arus lalu lintas dan keamanan di sekitar area luar sirkuit.

“Kedua pos ini bertugas mengatur kelancaran arus kendaraan, baik pengunjung maupun personel pengamanan,” jelas Umar.

Tak hanya itu, Umar juga memeriksa kesiapan personel di Pos Pengamanan Bundaran Tri Putri dan Pos Pengamanan Body Checking Gate 2, yang bertugas untuk memeriksa keamanan penonton sebelum masuk ke tribun utama.

Baca Juga: Daftar Pembalap MotoGP Dunia Pernah Naik Podium di Sirkuit Sentul dan Mandalika

“Pos ini sangat penting dalam mencegah masuknya barang-barang terlarang yang dapat mengganggu jalannya acara,” katanya.

Dalam pengecekan lapangan, Umar didampingi Wakapolda dan para Pejabat Utama (PJU) Polda NTB. Mereka menggunakan sepeda motor untuk menjangkau seluruh pos pengamanan dengan lebih fleksibel dan cepat.

“Pengamanan MotoGP 2024 ini merupakan prioritas kami, mengingat event ini akan dihadiri ribuan penonton dari berbagai penjuru dunia. Kami memastikan seluruh personel siap siaga dan akan terus melakukan evaluasi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan terbaik,” tandasnya.

MotoGP Mandalika 2024 diharapkan menjadi salah satu event paling spektakuler, tidak hanya bagi pecinta balap motor, tetapi juga sebagai ajang untuk memperkenalkan keindahan pariwisata NTB di kancah internasional. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga