5 Ribu Mangrove Penuhi Pesisir Pantai Maradadi Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 15 Mei 2023
0 dilihat
5 Ribu Mangrove Penuhi Pesisir Pantai Maradadi Kota Baubau
Penanaman 5.000 pohon mangrove yang dilakukan di pesisir pantai Maradadi Kota Baubau. Foto: Ist.

" Sebanyak 5.000 bibit mangrove ditanam di pesisir pantai Maradadi Kelurahan Lowu-Lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak 5.000 bibit mangrove ditanam di pesisir pantai Maradadi Kelurahan Lowu-Lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau, Senin (15/5/2023).

Kegiatan penanaman mangrove tersebut dilaksanakan oleh Kodim 1413 Buton bersinergi dengan pemkot yang dihadiri oleh Kapolres Baubau dan dinas terkait serta masyarakat yang dilaksanakan secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia.

Danramil 01 Sorawolio, Mayor ARH La Ode Mursali mengatakan, sebanyak 5.000 mangrove terdiri dari 3.000 mangrove oleh Kodim 1413 Buton dan 2.000 pohon dari Polres Baubau, ditanam bersamaan di kawasan pesisir pantai di seluruh wilayah jajaran Kodim 1413 Buton.

Baca Juga: Partai Garuda Tak Daftar Bacaleg ke KPU Kota Baubau hingga Penutupan

Dengan harapan, kegiatan itu dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologi, hingga nilai ekonomis bagi warga sekitar.

Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk mengatakan, Polres Baubau bersama Kodim 1413 Buton melaksanakan kegiatan sinergitas TNI-Polri dengan bersama-sama menanam bibit pohon mangrove.

Lebih lanjut Kapolres Baubau menambahkan, hutan mangrove menjadi sumber daya alam yang sudah jelas bisa menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang nyaman, hingga mencegah bencana alam.

"Penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah naiknya air laut ke daratan, mencegah erosi, hingga abrasi pantai," ujarnya.

Baca Juga: Aco Liga Dangdut Nyaleg DPRD Kota Baubau

Pelestarian mangrove diperlukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut.

Selain itu dengan adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya bencana saat ada gelombang pasang air laut. Pelestarian alam hutan mangrove dapat dilakukan dengan cara menanam pohon mangrove di pesisir pantai seperti yang dilakukan saat ini.

Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini masyarakat diharapkan ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove di kawasan pesisir pantai. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga