5 Tanda Orang Memiliki Mental Miskin

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 30 Juli 2022
0 dilihat
5 Tanda Orang Memiliki Mental Miskin
Mental miskin harus dihindari agar masa depan bisa jauh lebih cerah. Foto: Repro unsplash.com

" Kemiskinan yang dialami seseorang bukan hanya soal kurangnya harta, namun juga berkaitan dengan mental "

KENDARI, TELISIK.ID - Kemiskinan yang dialami seseorang bukan hanya soal kurangnya harta, namun juga berkaitan dengan mental.

Dikutip dari binus.ac.id, mental miskin adalah sebuah pemikiran yang membuat dirinya merasa tidak memiliki harta, selalu kekurangan dan keinginan yang tidak terpenuhi.

Penyebab seseorang alami mental miskin banyak faktornya. Dimana mental miskin bisa terjadi karena mereka ingin terlihat seperti kalangan kaya di mata orang lain.

Mindset seperti ini bisa mendatangkan energi negatif serta menghambat kebahagiaan, mengganggu kesehatan dan ketenangan dalam hidup.

Buruknya dampak negatif memiliki mental miskin dalam hidup membuat kita harus pandai untuk menjaga mindset kita agar terhindar dari pola pikir yang demikian.

Untuk menghindarinya, perlu kita ketahui tanda-tanda dari orang bermental miskin.

Melansir yoursay.id, berikut 5 tanda orang memiliki mental miskin yang perlu kalian ketahui:

1. Punya gengsi yang tinggi

Karena tidak benar-benar merasa kaya, orang bermental miskin ingin terlihat seperti orang yang kaya sehingga mereka akan melakukan apapun agar orang lain terkesan dengan apa yang dia miliki.

2. Tidak memiliki rencana masa depan

Terlalu sibuk memikirkan cara untuk mendapatkan uang dan membelanjakannya, orang dengan mindset miskin tidak akan terpikirkan tentang rencananya di masa depan.

Baca Juga: Sakit Tapi Tak Berdarah, Ini 9 Ciri Lelaki yang Pura-Pura Mencintaimu

Umumnya orang dengan pola pikir seperti ini tidak akan memiliki tabungan karena merasa bahwa uangnya tidak cukup untuk ditabungkan. Namun bila mereka memiliki kelebihan uang, maka mereka akan membelanjakannya untuk foya-foya dan bukan untuk kebutuhan pokok.

3. Suka minta sumbangan dan gratisan

Selalu merasa tidak punya uang meskipun dompet mereka tebal, orang dengan mental miskin akan lebih menyukai barang gratisan.

Tak jarang mereka meminta sumbangan sana sini untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan. Mereka juga tidak akan sungkan meminjam uang hanya untuk memenuhi gengsi mereka.

4. Enggan berbagi

Orang dengan mindset miskin akan takut untuk berbagi kepada orang lain. Dia akan takut jika uangnya habis dan mereka lebih memilih menggunakan uangnya untuk hedon daripada harus memberikannya pada orang lain.

5. Punya penyakit hati

Memiliki mindset seperti ini juga bisa menimbulkan rasa iri hati, dengki, prasangka buruk dan suka membuat fitnah pada orang lain.

Baca Juga: Deretan Dokter Paling Cantik, Bikin Lelaki Pura-Pura Sakit

Mereka dengan mindset ini tidak akan senang bila melihat orang lain memiliki sesuatu yang lebih dari yang dia miliki. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga