5 Tips Jaga Kesehatan Calon Jemaah Haji Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 12 Mei 2024
0 dilihat
5 Tips Jaga Kesehatan Calon Jemaah Haji Sebelum Berangkat ke Tanah Suci
Calon jemaah haji penting menjaga kesehatan sebelum pemberangkatan ke Tanah Suci. Foto: Repro google.com

" Perjalanan haji tidaklah mudah dan membutuhkan persiapan yang matang agar ibadah dapat dilakukan dengan lancar dan kondisi fisik dan mental tetap terjaga "

KENDARI, TELISIK.ID - Melakukan ibadah haji tidak hanya membutuhkan niat yang kuat, tapi juga fisik yang bugar. Karenanya, penting mengetahui tips menjaga kesehatan bagi calon jemaah haji sebelum pemberangkatan ke Tanah Suci.

Pada dasarnya, dikutip dari pusatumroh.id, perjalanan haji merupakan salah satu ibadah yang sangat diterima oleh Allah SWT dan merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim yang mampu.

Umumnya, perjalanan haji ini tidaklah mudah dan membutuhkan persiapan yang matang agar ibadah tersebut dapat dilakukan dengan lancar dan kondisi fisik dan mental tetap terjaga.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui tips menjaga kesehatan sebelum pemberangkatan ke Tanah Suci.

Melansir kemenag.go.id, berikut beberapa tips menjaga kesehatan bagi calon jemaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci:

1. Melakukan olahraga ringan

Tips pertama untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum berangkat ibadah haji adalah melakukan olahraga fisik. Hal ini penting dilakukan agar tubuh dapat terjaga kebugarannya, meski hanya olahraga ringan.

Baca Juga: Kuota Haji Muna Barat 2024 Bertambah

Dengan demikian, sebaiknya rutin berolahraga ringan minimal 30 menit setiap harinya, namun hindari kelelahan.

2. Memastikan asupan nutrisi

Tips kedua untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum berangkat ibadah haji adalah memastikan asupan nutrisi terpenuhi. Hal ini penting dilakukan agar tubuh tetap fit.

Dengan demikian, asupan nutrisi yang dikonsumsi harus diperhatikan, seperti menghindari makanan dan minuman manis dan asin secara berlebihan.

3. Stabilkan kesehatan dengan obat

Tips ketiga untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum berangkat ibadah haji adalah menstabilkan kesehatan dengan obat. Hal ini penting dilakukan karena rata-rata penyakit yang diderita jemaah adalah penyakit yang sudah membutuhkan perawatan.

Oleh karena itu, dianjurkan agar calon jemaah haji menstabilkan kesehatannya dengan rutin meminum obat sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

4. Hindari kelelahan

Tips keempat untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum berangkat ibadah haji adalah dengan menghindari aktivitas yang membuat badan merasa kelelahan.

Baca Juga: Puluhan Tahun jadi Guru Ngaji, Janda di Kota Baubau Wujudkan Impian Naik Haji

Maka sebaiknya calon jemaah haji tidak terlalu memforsir diri dengan kegiatan yang menyebabkan kelelahan sebelum keberangkatan.

5. Istirahat yang cukup

Tips kelima untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum berangkat ibadah haji adalah dengan istirahat yang cukup. Usahakan, seminggu sampai tiga hari sebelum keberangkatan harus istirahat.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan bagi calon jemaah haji sebelum pemberangkatan ke Tanah Suci. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga