Coba Minum Jahe Campur Serai, Khasiatnya Menakjubkan

Haidir Muhari, telisik indonesia
Minggu, 11 Oktober 2020
0 dilihat
Coba Minum Jahe Campur Serai, Khasiatnya Menakjubkan
Segelas air rebusan jahe campur serai. Foto: Hilary Hahn/unsplash.com

" Membersamai akhir pekan anda di rumah bersama keluarga tercinta, berikut kami sajikan beberapa manfaat menakjubkan mengonsumsi air rebusan jahe campur batang serai seperti dilansir dari GenPi.co. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jahe dan serai dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat dan khasiat.

Air rebusannya bisa dijadikan minuman alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara membuat minuman ini pun sangat mudah, tidak repot.

Mendapatkan kedua tanaman itu pun sangat mudah. Batang serai lazim dijadikan rempah dalam masakan, penguat aroma dan cita rasa.

Bagi sebagian orang, serai kerap diseduh dengan teh, atau jahe, untuk mendapatkan minuman herbal yang menyehatkan. Karenanya, anda perlu mencoba minum air rebusan jahe campur serai. Air rebusan itu bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi dan diuretik, menenangkan sistem saraf pusat, dan membantu memperlancar pencernaan.

Jahe terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus tertentu. Penelitian menunjukkan jahe dapat mengobati diabetes, obesitas, penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan penyakit neurodegeneratif. Sementara itu serai punya minyak atsiri serai dan sitral (unsur aktif utama dalam serai) yang dapat menekan kanker paru-paru sel kecil.

Membersamai akhir pekan anda di rumah bersama keluarga tercinta, berikut kami sajikan beberapa manfaat menakjubkan mengonsumsi air rebusan jahe campur batang serai seperti dilansir dari GenPi.co.

1. Kaya Antioksidan

Journal of Agricultural and Food Chemistry menerbitkan studi yang mencengangkan. Serai mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Mengonsumsi herbal yang kaya antioksidan secara teratur dapat menurunkan risiko terkena beberapa penyakit kronis. Penelitian lain menemukan, bahwa jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi daripada tanaman lain.

Baca juga: Ingin Wajah Cerah? Bisa Gunakan Scrub Kopi

2. Meredakan Nyeri dan Sakit Kepala

Serai dan jahe dipercaya memiliki efek untuk meredakan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri haid, nyeri sendi, nyeri otot, hingga sakit kepala. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit sama halnya demgan obat-obatan yang mengandung asam mefenamat dan ibuprofen.

3. Turunkan Kolesterol

Jurnal Food and Chemical Toxicology mengungkapkan, bahwa minyak atsiri dalam serai memiliki sifat anti-hiperlipidemik dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol sehat. Selain itu, serai membantu mempertahankan kadar trigliserida yang sehat dan mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

4. Mencegah Kanker

Serai diketahui dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker tanpa memengaruhi sel-sel tubuh yang sehat. Senyawa kimia dari citral memiliki kemampuan anti kanker yang kuat.

Citral dapat menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Gingerol pada jahe juga telah diteliti dan diketahui memiliki sifat anti-kanker. Karena itu, air rebusan serai dan jahe terkadang digunakan sebagai terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi dengan bimbingan ahli onkologi.

5. Detoksifikasi Tubuh

Serai dapat membantu membersihkan dan membuang limbah beracun berbahaya dari tubuh, karena sifat diuretiknya. Detoksifikasi membantu pengaturan berbagai organ tubuh termasuk hati dan ginjal, serta membantu menurunkan kadar asam urat.

Efek diuretik itu membantu meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan detoksifikasi tubuh. Air rebusan itu juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Baca juga: Begini Cara Merawat Vagina agar Sehat dan Rapat

6. Mengurangi Peradangan

Serai dan jahe merupakan ramuan anti-inflamasi. Artikel yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food mengungkap fakta bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi nonsteroid dan memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Sementara dalam serai ditemukan senyawa yang disebut sitral, yang dapat menghambat pembentukan asam yang menyebabkan peradangan. Sehingga, air rebusan serai dan jahe baik untuk dikonsumsi ketika Anda memiliki masalah tenggorokan dan saluran pernapasan.

7. Membantu Mengatasi Cemas

Aroma serai dipercaya mampu membantu mengurangi kecemasan dan stres. Jahe juga dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres. Mengonsumsi air rebusan serai dan jahe panas dapat membuat tubuh menjadi rileks dan segar.

Serai terdiri dari minyak esensial dan senyawa bermanfaat seperti neroli, citronellol, myrcene, dipentene, geraniol, dan metil heptenon. Minyak serai telah banyak digunakan untuk aromaterapi karena efek terapeutiknya, yang membantu merevitalisasi tubuh.

Betapa menakjubkannya kehidupan manusia di muka bumi, karena telah dilimpahi dengan tanaman herbal yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga