5 Tips Aman dan Lancar Berpuasa bagi Ibu Menyusui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 15 Maret 2024
0 dilihat
5 Tips Aman dan Lancar Berpuasa bagi Ibu Menyusui
Ibu menyusui boleh saja tidak menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, tapi harus tetap berdasar alasan syar'i. Foto: Repro klikdokter

" Puasa memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, tidak terkecuali bagi ibu menyusui "

KENDARI, TELISIK.ID - Puasa memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, tidak terkecuali bagi ibu menyusui. Hanya saja, manfaat puasa bagi ibu menyusui ini hanya bisa didapatkan asalkan Busui dalam kondisi yang sehat.

Puasa Ramadan memang diwajibkan bagi seluruh umat Islam, termasuk bagi seorang ibu yang tengah menyusui anaknya. Meskipun demikian, perempuan yang sedang menyusui anaknya diperbolehkan untuk tidak berpuasa, bahkan sepanjang Ramadan.

Dikutip dari NU Online, perempuan yang sedang menyusui lalu tak berpuasa, tetap harus memiliki alasan yang dibolehkan syara’. Misalnya, jika puasa tersebut dapat membahayakan kesehatan dirinya dan anaknya, atau salah satunya. Jika hal tersebut memang dikhawatirkan terjadi, maka puasanya harus dibatalkan dalam Madzhab Syafi’i.

Jika tidak berpuasa karena alasan khawatir membahayakan kesehatan ibunya saja, atau ibu dan anak, maka ibu tersebut wajib mengganti (qadha) puasanya di lain hari.

Namun jika dikhawatirkan membahayakan anaknya saja, maka ia tidak hanya berkewajiban mengganti, tetapi juga harus membayar fidyah. Hal ini sebagaimana ditegaskan Abdurrahman Al-Juzairi dalam al-Fiqh ‘ala Madzahib al-Arba’ah.

Baca Juga: Tips Agar Berat Badan Tidak Turun Saat Puasa

Melansir alodokter.com, puasa memang bisa memberikan banyak manfaat bagi ibu menyusui. Namun, agar bisa berpuasa dengan aman dan lancar, ibu menyusui boleh mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Minum air putih yang cukup, yakni sebanyak 8 gelas per hari.

2. Hindari makanan yang terlalu berminyak, pedas, atau manis ketika berbuka. Hal ini berguna untuk mencegah maag, khususnya jika Busui memiliki riwayat GERD.

3. Berbuka dengan takjil yang menyehatkan agar Busui bisa mendapatkan energi yang cukup dan juga asupan nutrisi tambahan selama berpuasa.

Baca Juga: Sakit Kepala saat Puasa? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya

4. Minum suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dokter jika asupan nutrisi selama menyusui dirasa kurang selama berpuasa.

5. Jangan memaksakan diri. Sebagai gantinya, Busui bisa menunaikan ibadah puasa kelak setelah sehat dan kuat untuk menjalaninya. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan bagi ibu menyusui jika ingin berpuasa tapi tetap aman bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga