5.170 Kotak Suara Diterima KPU Kota Kendari, Bawaslu Pastikan Logistik yang Basah Aman

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 02 November 2023
0 dilihat
5.170 Kotak Suara Diterima KPU Kota Kendari, Bawaslu Pastikan Logistik yang Basah Aman
Kotak suara Pemilu 2024 diterima KPU Kota Kendari dan disimpan langsung di gudang logistik. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Sebanyak 5.172 kotak suara Pemilu 2024 diterima KPU Kota Kendari dan langsung disimpan digudang logistik "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 5.170 kotak suara Pemilu 2024 diterima KPU Kota Kendari dan langsung disimpan digudang logistik.

Kotak suara yang dibutuhkan seharusnya   5.172 kotak, namun setelah melalui perhitungan terdapat kekurangan kotak suara yakni 2 buah.

Penerimaan kotak suara ini juga dipantau oleh Bawaslu Kota Kendari, terkait jenis, jumlah, serta keamanan penyimpanan hingga nanti didistribusikan ke seluruh TPS.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, di gudang logistik KPU Kota Kendari, mobil ekspedisi kotak suara tiba saat hujan, sehingga beberapa plastik dan kotak suara basah.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan, sejumlah kebutuhan kota suara terdiri atas tepat pemungutan suara (TPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Baca Juga: Hadapi Pemilu 2024, Pemda Muna Cegah Potensi Konflik Sosial

"Kalau dilihat dari kebutuhannya itu adalah lima kotak per TPS, jumlah TPS 1.030 jadi kebutuhan kotak suara itu adalah 5.150, ditambah masing-masing PPK itu dua kotak jadi kebutuhan keseluruhan 5.172," kata Jumwal Shaleh.

Kota suara yang tiba di gudang logistik akan dicek kembali apakah sesuai kebutuhan atau tidak, jika kebutuhan tidak mencukupi akan dibuatkan berita acara.

"Sebentar kita cek apakah kebutuhannya itu cukup atau tidak, kalaupun tidak cukup nanti kami buatkan berita acaranya kemudian kita upload di sistem informasi logistik (Silog), sehingga nanti laporannya itu langsung masuk di KPU RI dan nanti kebutuhannya tinggal kami menunggu dari KPU RI," ucapnya.

Kemudian, kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut akan dikepak dibentuk menjadi kotak sesuai arahan atau jadwal dari KPU RI.

"Kami menunggu jadwal dari KPU RI untuk perintah pengepakan, jadi nanti ini akan dibentuk menjadi kotak dan nanti dibuat timeline kerja kami mulai dari pengepakan, pengesetan di logistik dan kebutuhan pemungutan kotak suara dimasukan ke dalam kotak," bebernya.

Baca Juga: Survei Parpol Jelang Pemilu 2024, PDIP Unggul Tipis dan Golkar Potensi 3 Besar di Jawa Timur

Sementara Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan, Bawaslu melihat jenis logistik terlebih dahulu kemudian  jumlahnya dan memastikan kondisi logistik tersebut aman, karena akan konversi dengan jumlah kebutuhan di setiap TPS.

"Tadi disampaikan karena kondisi lagi hujan, ada yang basah tapi setelah kita periksa yang basah itu hanya pelapis plastik luarnya, makanya jangan dulu disusun, dipisahkan dulu nanti kering baru disatukan, karena takutnya itu mempengaruhi logistik yang lain," ucap Sahinuddin

Ia juga mengamati dari segi aspek gudang logistik luasnya sudah cukup, namun kondisi menjadi rekomendasi Bawaslu terkait  penerangan di malam hari dan CCTV, karena mengingat pentingnya keamanan logistik. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin
 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga