6 Bahan Herbal Dapat Obati Penyakit Diabetes

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
6 Bahan Herbal Dapat Obati Penyakit Diabetes
Penting untuk mengetahui cara mengatasi penyakit diabetes, salah satunya dengan bahan herbal. Foto: hellosehat.com

" Salah satu penyakit yang seringkali dialami sebagian orang adalah diabetes. Banyak cara untuk mengatasinya, di antaranya dengan bahan herbal atau alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami sebagian orang adalah diabetes. Banyak cara untuk mengatasinya, di antaranya dengan bahan herbal atau alami.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, diabetes atau penyakit gula adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Diabetes terjadi ketika tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi serius, menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh. Contohnya organ seperti jantung, ginjal, mata dan saraf.

Baca Juga: 7 Tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan bahan herbal.

Melansir yoursay.id dari Alodokter.com, berikut beberapa bahaya  herbal yang dapat dikonsumsi untuk mengobati penyakit diabetes:

1. Ginseng

Ekstrak dari dalam ginseng dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi insulin secara turun menurun.

Namun, diketahui konsumsi ginseng umumnya tidak dianjurkan lebih dari 3 gram per hari karena dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh.

2. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai obat herbal yang ampuh secara turun menurun. Ekstrak dari dalam kunyit sendiri diketahui bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh serta mencegah adanya komplikasi diabetes, seperti gangguan pada ginjal, saraf, dan mata.

3. Daun Sambiloto

Daun sambiloto memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dimana salah satunya dipercaya dapat membantu obati diabetes karena mampu mengendalikan gula darah di dalam tubuh.

Kandungan Andrographolide (AGL) dinilai mampu meningkatkan produksi insulin dan penyerapan gula.

4. Lidah Buaya

Selain untuk perawatan tubuh, seperti rambut, wajah dan luka, lidah buaya juga memiliki khasiat untuk meminimalisir resiko penyakit diabetes.

Lidah buaya yang dijadikan jus memiliki sejumlah manfaat karena kandungan senyawa di dalamnya, seperti dapat mengurangi proses pembengkakan dan mempercepat proses luka pada diabetes.

5. Pare

Pare dikenal sebagai pengobatan alternatif penyakit diabetes yang ampuh. Kandungan dari dalam pare, seperti Vitamin A dan C, zat besi, beta karoten, serta kalsium dapat mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

Namun, disarankan untuk tidak konsumsi sayuran ini secara berlebihan karena dapat membuat kadar gula turun terlalu rendah jika dikonsumsi secara bersamaan dengan obat diabetes lainnya.

Baca Juga: 6 Pilihan Menu Diet Bagi Penderita Maag

6. Kayu Manis

Kayu manis telah lama digunakan sebagai bahan obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit di masa lalu karena kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Kayu manis sendiri memiliki khasiat yang dipercaya dapat mencegah dan menurunkan gula darah sehingga dapat mencegah adanya penyakit diabetes dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa bahan herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga