6 Pilihan Menu Diet Bagi Penderita Maag

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 Februari 2023
0 dilihat
6 Pilihan Menu Diet Bagi Penderita Maag
Bagi penderita maag, memilih menu makanan saat diet harus diperhatikan. Foto: Repro google.com

" Diet menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun bagi penderita maag, memilih menu makanan saat diet harus diperhatikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Diet menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun bagi penderita maag, memilih menu makanan saat diet harus diperhatikan.

Dikutip dari halodoc.com, diet pada dasarnya merupakan pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur.

Pada umumnya, tujuan dari diet adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Olehnya itu, diet menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun bagi penderita maag, memilih menu makanan saat diet harus diperhatikan.

Baca Juga: 7 Pilihan Bahan Alami untuk Obat Diare

Mengutip yoursay.id dari Nutri Flakes, berikut adalah beberapa menu sehat pilihan untuk diet bagi penderita maag:

1. Jus Alami

Minuman jus buah atau jus sayur alami tanpa gula dapat menjadi pilihan variasi menu diet. Jus yang memiliki tekstur lembut dan lebih cair cocok dikonsumsi oleh penderita maag dan asam lambung yang sedang diet.

Kombinasi apel dan wortel, pisang dan seledri, dan berbagai kombinasi lainnya dapat membuat jus lebih lezat dan kaya akan rasa. Tambahkan pula madu sebagai pengganti gula agar jus terasa lebih manis namun tetap rendah gula dan sehat.

2. Yogurt dan Buah

Meski rasanya cenderung asam, yogurt merupakan salah satu menu ideal bagi penderita maag. Yogurt terkenal dengan kandungan probiotik yang dapat menyehatkan pencernaan dan dapat membantu meredakan gejala maag seperti rasa tidak nyaman pada perut.

Konsumsi yogurt juga dapat dibarengi dengan buah-buahan. Namun buah yang digunakan haruslah buah non-sitrus seperti apel, pisang, melon, pir, dan semangka.

3. Tumis Daging Tanpa Lemak

Konsumsi daging dan ikan tanpa lemak dapat memenuhi kandungan protein saat diet. Daging ikan dapat dikreasikan dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, maupun ditumis.

Namun untuk menumis atau memanggang daging, gunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau margarin. Hal itu dikarenakan minyak zaitun tidak mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dapat memperburuk asam lambung.

4. Salad Sayuran dan Putih Telur

Sayuran hijau sangat mudah dicerna dan dapat mengurangi kenaikan asam lambung. Salad sayur adalah salah satu ide menu yang cocok untuk diet bagi penderita maag.

Menu diet ini dapat mengkombinasikan sayur hijau dengan wortel, mentimun, selada dan putih telur. Peran putih telur sebagai pelengkap protein dan membantu mengenyangkan. Catat! hindari penggunaan kuning telur karena kandungan lemak yang lebih tinggi cenderung dapat memicu asam lambung.

Baca Juga: 5 Penyebab Ketombe Perlu Kamu Tahu

5. Oatmeal dan Susu Rendah Lemak

Oatmeal merupakan makanan dari gandum yang selalu hadir di menu diet. Pagi penderita maag dapat mengkonsumsi oatmeal yang diolah dengan susu rendah lemak. Susu memiliki kandungan protein hewani sebagai pelengkap nutrisi untuk diet.

6. Air Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami dan merupakan pengobatan alami untuk gejala maag. Tambahkan parutan irisan jahe ke dalam makanan atau meminumnya menjadi teh jahe untuk mengurangi gejala maag.

Nah, itulah beberapa pilihan menu yang bisa dikonsumsi ketika ingin diet bagi penderita maag. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga