Tips Diet Air Putih, Cara Mudah dan Cepat Kurus

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 04 Juni 2023
0 dilihat
Tips Diet Air Putih, Cara Mudah dan Cepat Kurus
Upaya menurunkan berat badan atau diet salah satunya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air putih. Foto: Repro Aladokter.com

" Diet air putih yakni minum air putih dalam jumlah tertentu untuk menjaga tingkat kesehatan Anda saat menurunkan berat badan "

KENDARI, TELISIK.ID - Diet menjadi cara banyak orang dalam menurunkan berat badan untuk mewujudkan bentuk tubuh impian. Diet punya banyak jenis, salah satunya diet dengan air putih.

Dilansir dari Orami.co.id, diet air putih yakni minum air putih dalam jumlah tertentu untuk menjaga tingkat kesehatan Anda saat menurunkan berat badan. Ini berarti selama menjalankannya tidak boleh minum kopi, teh, susu, atau soft drink.

Air putih memberikan banyak nutrisi sehingga kebanyakan orang memilihnya sebagai alternatif diet lainnya. Kalori air putih terbilang tidak ada sama sekali. Jika dibandingkan dengan minuman bersoda, ia setidaknya mengandung 247 kalori.

Tingginya kalori itu sehingga minuman bersoda tidak termasuk dalam diet air putih. Biasanya, diet ini dilakukan selama 24-72 jam. Apabila akan menjalankannya dengan durasi lebih, maka diperlukan pengawasan khusus oleh dokter.

Baca Juga: 7 Cara Atasi Khawatir Saat jadi Ibu Baru

Beberapa alasan orang melakukan diet ini yaitu karena alasan sprititual atau keagamaan, menurunkan berat badan, untuk detoks, alasan kesehatan dan persiapan sebelum operasi atau prosedur kesehatan lainnya.

Cara diet air putih yang benar biasanya dipantau secara teratur oleh dokter untuk melihat efek sampingnya. Misalnya, seperti rasa tidak enak di mulut, nyeri punggung bawah, ruam kulit, sakit kepala, mual, muntah, atau perubahan mood.

Selain itu, tes darah dan urine juga dilakukan untuk memastikan kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Meski terlihat sederhana dan murah, water fasting bukan sesuatu hal yang mudah dilakukan.

Dikutip dari Aceh.tribunnews.com, simak lebih lengkapnya tips diet sehat dengan minum air putih.

1. Minum air Putih tiap 2 jam sekali

Biasakan untuk minum air putih minimal tiap 2 jam sekali untuk memastikan tubuh cukup asupan cairan. Mengutip Medical Daily, untuk menjaga tubuh tetap terjaga asupan cairannya, maka pastikan untuk rutin mengonsumsi air putih.

Setidaknya 2 jam sekali agar cairan dalam tubuh tercukupi. Bukti dari rutin tidaknya minum air putih atau tercukupi cairan dalam tubuh dapat diketahui dari keluarnya urine. Jika urine terlihat kuning gelap, hal itu mengindikasikan kurangnya asupan air putih.

Sebaliknya apabila urine yang keluar berwarna terang atau bening, hal itu memastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi.

2. Minum Air Putih Sebelum Makan

Dilansir dari Healthline, banyak penelitian yang dilakukan mengenai konsumsi air putih sebelum makan. Hasilnya di beberapa kelompok usia memang terbukti dapat menurunkan berat badan.

Meskipun beberapa kelompok, tetapi tidak ada salahnya jika mencoba tips diet ini. Dari penelitian yang telah dilakukan tips diet sehat ini berhasil menurunkan berat badan hingga 2 kg. Hal itu dilakukan dengan minum air putih 500 ml selama 12 minggu.

Tips minum air putih sebelum makan juga membantu menekan nafsu makan. Minum air putih sebelum makan bisa membuat perut lebih terasa kenyang dan rasa lapar bisa dihindari.

3. Minum Air Putih Setiap Bangun Tidur Pagi

Ketika tubuh bangun dari tidur, mungkin perut akan terasa kosong. Hal itu karena zat makanan dalam tubuh sudah dicerna selama tidur. Selama 8 jam cukup tidur, namun asupan cairan dalam tubuh akan berkurang.

Maka segeralah minum minimal dua gelas air putih setelah bangun tidur pagi. Kebiasaan ini membantu melancarkan metabolisme. Serta membantu menambah cairan tubuh, membersihkan usus, melancarkan buang air besar serta membantu proses penurunan berat badan.

Dengan minum air putih, sarapan berlebihan dan terlalu banyak juga akan terhindari. Jadi, biasakan untuk minum air putih setelah bangun tidur pagi.

4. Ubah Kebiasaan Minum- minuman Manis dengan Air Putih

Menurut jurnal International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders tahun 2000, minuman berpemanis meningkatkan penambahan konsumsi kalori 17 persen lebih banyak daripada sebelumnya.

Maka jika ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk mengganti konsumsi minuman berpemanis dengan satu gelas air putih. Memang minum- minuman ini lebih terasa enak jika dibandingkan mengonsumsi minuman tawar atau air putih.

Tetapi jika hal itu terus dilakukan maka tubuh terbiasa dengan pemanis dan membuat berat badan naik. Oleh karena itu tips diet sehat ini perlu dicoba untuk mengurangi berat badan.

Baca Juga: Tips Bakar Lemak di Perut dalam Waktu Dua Minggu

5. Atur Pola Konsumsi Air Putih Setiap Hari

Dilansir dari NHS.uk, air putih adalah pilihan sehat dan murah untuk melepas dahaga kapan saja. Tidak mengandung kalori dan tidak mengandung gula yang dapat merusak gigi.

Disarankan seseorang dapat mengatur pola konsumsi air putih setiap harinya untuk dapat membuat tubuh lebih sehat. Terlebih dengan mengonsumsi air putih setiap hari dapat membantu tubuh untuk mencerna makanan dan membakar lemak dengan lebih baik.

Menurut WebMD, air putih bisa mendukung kinerja ginjal untuk menyaring nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta menghindarkan dari konstipasi. Solusinya adalah dengan memperhatikan seberapa banyak air putih yang dikonsumsi.

Dianjurkan minum air putih setiap harinya. Untuk memastikan hal ini, selalu sediakan botol air minum sendiri kemanapun pergi. Jadi kapanpun tubuh merasa haus dan butuh minum, dapat segera minum untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga