6 Cara Benar Cas HP Agar Baterai Awet

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 25 November 2022
0 dilihat
6 Cara Benar Cas HP Agar Baterai Awet
Dengan cara cas HP yang benar, para pemilik bisa membuat baterai HP lebih awet dan tahan lama dalam penggunaannya. Foto: Repro telset.id

" Banyak orang yang berpikir mengisi ulang HP hanyalah sekedar menghubungkan HP dengan charger "

KENDARI, TELISIK.ID – Hanphone atau HP menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan masyarakat dewasa ini. Banyaknya pekerjaan dan aktivitas yang memerlukan bantuan HP, sehingga mengetahui cara menjaga HP agar tetap awet, penting diketahui. Salah satunya dari mengisi ulang daya HP.

Dikutip dari fintech.id, banyak orang yang berpikir mengisi ulang HP hanyalah sekedar menghubungkan HP dengan charger. Padahal dengan cara cas HP yang benar, para pemilik bisa membuat baterai HP lebih awet dan tahan lama dalam penggunaannya.

Selain bisa membuat baterai HP mudah rusak. Mengecas HP dengan cara sembarangan juga memiliki risiko besar lainnya. Misalnya saja membuat baterai HP kepanasan, bahkan bisa membuat baterai HP meledak juga.

Melansir katadata.co.id dan berbagai sumber, berikut beberapa cara cas HP yang benar agar tetap awet dan tahan lama:

1. Waktu Cas HP

Pengguna ponsel perlu mengetahui aturan pengisian ulang baterai. Anda bisa mengisi ulang baterai dari 30 persen sampai 90%. Usahakan cabut cas HP sebelum mencapai 100 persen.

Mengutip dari techadvisor.com, mengisi baterai lithium-ion dari 80 sampai 100 persen dapat merusak daya. Hal ini menyebabkan kapasitas baterai cepat menurun.

2. Hindari Cas HP di Tempat Panas

Hindari mengisi daya baterai di tempat terlalu panas atau dingin. Kinerja baterai optimal berada di suhu ruangan 20 sampai 30° C.

Baca Juga: Begini Cara Nonton Piala Dunia 2022 Via HP dan Laptop

Jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin dapat merusak kapasitas baterai.

3. Gunakan Cas HP Fast Charging

Sekarang ini ponsel terbaru mendukung pengisian daya cepat. Anda bisa membeli cas HP original Quick Charge dari Qualcomm yang menghasilkan daya 18W. Beberapa ponsel menyediakan muatan daya lebih tinggi hingga 45W.

Pengisian daya cepat tidak merusak masa baterai. Tetapi Anda perlu berhati-hati ketika pengisian daya, suhu HP meningkat panas. Anda perlu mengganti pengisian daya untuk kesehatan masa baterai.

4. Pakai Mode Pesawat

Supaya baterai awet, hindari pemakaian HP. Pengguna bisa mematikan HP atau mengaktifkan mode pesawat. Sehingga data internet atau Wifi tidak menyala. Mode pesawat akan menghentikan notifikasi HP sementara. Sehingga ketika diisi, tidak terjadi peningkatan suhu.

5. Hindari Cas Lewat Port USB Laptop

Pengguna ponsel sebaiknya menghindari cas HP lewat port USB di laptop atau komputer. Penyebabnya karena arus masuk cenderung lambat, sekitar 0,5A.

Baca Juga: Hati-Hati, 16 Aplikasi Android Ini Berisi Malware Penguras Baterai HP

Cas lewat port USB ini membuat pengisian daya lebih lama dan meningkatkan suhu ponsel.

6. Pakai Cas Original

Dikutip dari fantach.id, cara cas HP yang benar adalah menggunakan charger yang original. Hindarilah penggunaan charger palsu atau yang tidak sesuai dengan model HP. Walaupun model input charger sama dan memang baterainya mengisi.

Namun, setiap charger yang digunakan memiliki kinerja dan kapasitas yang berbeda. Charger original pasti memiliki kinerja dan kapasitas yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan HP.

Karena itu, jika pemilik HP menggunakan charger yang tidak ori. Mungkin juga, charger yang kurang sesuai. Baterai HP memang terisi, namun bisa menyebabkan ketidakstabilan pada kapasitas baterai HP.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat cas HP agar smart phone kitab isa awet. Semoga Bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga