6 Pantangan Harus Dihindari Saat Datang Bulan, Seks Salah Satunya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
6 Pantangan Harus Dihindari Saat Datang Bulan, Seks Salah Satunya
Saat datang bulan, perempuan harus menghindari beberapa pantangan demi alasan kesehatan. Foto: Repro Aladokter.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa waktu terakhir ramai perihal berhubungan seks saat menstruasi yang menuai pro dan kontra warganet. Tak sedikit masyarakat yang menganggap bercinta saat haid merupakan sebuah pantangan karena berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari Yousay.suara.com dan Herstory.co.id, berikut pantangan-pantangan saat datang bulan.

1. Melihat Tontonan yang Menyebabkan Perubahan Emosi

Seperti yang kita tahu bahwa kondisi emosi saat sedang menstruasi itu cenderung tidak stabil. Kadang kita baik-baik saja, lalu tiba-tiba berubah jadi sedih, kesal, marah, dan lain-lain. Itu disebabkan karena saat menstruasi, hormon estrogen dan progesteron pada perempuan menurun.

Oleh sebab itu, tidak dianjurkan melihat tayangan yang menguras emosi seperti film atau konten-konten di media sosial karena bisa membuat emosi memburuk.

Baca Juga: Beberapa Penyakit yang Diklaim Bisa Sembuh dengan Seks

2. Waxing

Menurunnya hormon estrogen dan progesteron juga bisa membuat perempuan merasa lebih peka tehadap rasa sakit. Oleh karena itu hindari kegiatan yang dapat memicu rasa sakit seperti waxing.

3. Mager

Menstruasi berpotensi membuat kamu merasa mager alias malas gerak, apalagi jika terjadi yang namanya kram atau nyeri haid. Meskipun demikian, alangkah lebih baik jika kamu tidak berdiam diri. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan. Faktanya, kegiatan tersebut justru bisa membantu menghilangkan rasa sakit atau nyeri karena menstruasi.

4. Jarang Ganti Pembalut

Baca Juga: Viral Seks Saat Menstruasi Pakai Flex Menstrual Cup, Begini Kata Ahli

Seperti yang disebutkan di atas bahwa perempuan yang sedang menstruasi harus ekstra dalam merawat kebersihan diri. Usahakan untuk mengganti pembalut selama 4 jam sekali, jika darah yang keluar lebih banyak maka bisa dilakukan lebih sering.

5. Berhubungan Badan

Kelembapan area Miss V saat menstruasi cenderung menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tidak melakukan hubungan badan terlebih dahulu.

6. Tidak Menjaga Pola Makan

Mengeluarkan banyak darah mungkin akan membuatmu merasa lemas serta membutuhkan nutrisi tambahan. Oleh karena itu, makan makanan yang bergizi seperti buah dan sayur. Hindari makanan-makanan yang mengandung lemak trans, kafein, serta garam tinggi untuk mengurangi nyeri karena datang bulan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga