3 Bahaya Minum Teh Berlebihan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 15 Agustus 2023
0 dilihat
3 Bahaya Minum Teh Berlebihan
Bahaya meminum teh hitam dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Foto: Klikdokter.com

" Meminum teh secara berlebihan akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Teh adalah salah satu minuman cukup populer di dunia. Sehingga tak heran, teh biasanya dijadikan minuman yang menemani sarapan pagi seseorang.

Teh memiliki banyak hal positif yang terkandung di dalamnya, seperti melawan radikal bebas, menurunkan berat badan, merawat kulit, menurunkan resiko diabetes, menurunkan kadar kolestrol, dan lainnya.

Namun jika Anda meminum teh secara berlebihan, teh akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Berikut bahaya minum teh berlebihan, antara lain:

1. Teh mengurangi penyerapan zat besi

Baca Juga: Hati-Hati, 7 Cara Minum Teh Ini Bisa Picu Penyakit

Efek samping teh yang paling banyak dibahas, efek terhadap zat besi adalah yang paling menonjol. Sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Research International, teh kaya akan senyawa yang disebut tanin yang berikatan dengan zat besi non-heme yang memengaruhi penyerapan zat besi dalam saluran pencernaan Anda.

Beberapa makanan yang kaya akan zat besi ini adalah bayam dan kacang-kacangan. Saat tubuh kekurangan zat besi, maka ini dapat menyebabkan anemia yang merupakan masalah serius seperti dilansir dari Kompas.com.

2. Tingkatkan risiko batu ginjal

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Minum Teh di Pagi Hari

Bahaya meminum teh hitam dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Ini karena teh hitam mengandung oksalat, yang dapat membentuk kristal dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

3. Tingkatkan risiko osteoporosis

Bahaya meminum teh hijau dan hitam berlebihan akan meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin dan meningkatkan risiko osteoporosis. Karena teh hijau dan hitam mengandung senyawa polifenol di dalamnya seperti dikutip dari Fk.umsu.ac.id. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Adinda Septia Putri

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga