60 Calon Fasilitator Program Baruga Moico Ikut Seleksi Tahap Akhir

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 27 Maret 2021
0 dilihat
60 Calon Fasilitator Program Baruga Moico Ikut Seleksi Tahap Akhir
Calon fasilitator saat mengikuti seleksi wawancara. Foto: Hir/Telisik

" Jumlah peserta terdapat 60 orang. Sementara yang dibutuhkan hanya 22 orang yang akan disebar di 22 kecamatan sebagai TFL dan 7 orang sebagai Korfas. "

BOMBANA, TELISIK.ID - 60 peserta calon fasilitator program perumahan baruga moico mengikuti seleksi tahap akhir.

Seleksi tahap akhir adalah metode wawancara yang diuji oleh tim penguji dari SNPT Penyediaan Perumahaan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Panitia Seleksi Koordinator Fasilitator (Korfas) dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), Surianti mengungkapkan bahwa 60 peserta yang mengikuti tahapan akhir (wawancara) ini telah melewati beberapa tahapan seleksi lainnya, yakni tahapan pemberkasan, uji kompetensi (tertulis), dan praktek.

"Jumlah peserta terdapat 60 orang. Sementara yang dibutuhkan hanya 22 orang yang akan disebar di 22 kecamatan sebagai TFL dan 7 orang sebagai Korfas," ucapnya kepada Telisik.id saat ditemui di ruang seleksi, Sabtu (27/3/2021).

Berdasarkan data peserta seleksi, 60 perserta tersebut terbagi atas 46 untuk bidang TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan) dan 14 untuk Korfas.

Baca juga: BLK Target Tambah Paket Pelatihan di Konawe Selatan Tahun Depan

Program Baruga Moico merupakan salah satu program unggulan Bupati Bombana yang menyasar masyarakat yang masih menempati rumah tidak layak huni.

Adapun bobot nilai yang harus diraih para calon fasilitator agar bisa dinyatakan lolos seleksi, di antarnya: kelengakapan administrasi 15 persen, uji kompetensi 20 persen, praktek 30 persen, wawancara 35 persen.

Salah satu peserta seleksi, Ruspar mengatakan, pelaksanaan seleksi fasilitator perumahaan baruga moico ini dilakukan secara terbuka.

"Seleksinya sangat terbuka. Pada tahapan akhir ini kami hanya ditanya soal pengalaman kerja, pengetahuan tentang bangunan perumahan, swadaya masyarakat serta teknik penyelesaian masalah," kata Ruspar saat dimintai keterangan usai menghadapi tim penguji.

Panitia seleksi kembali menegaskan bahwa, bagi fasilitator yang dinyatakan lulus seleksi akan diserahtugaskan kepada pemerintah kecamatan sebagai mitra kerja untuk meningkatkan kualitas rumah program baruga moico tahun tanggaran 2021. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga