adplus-dvertising

7 Cara Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Anak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 03 Juli 2022
331 dilihat
7 Cara Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Anak
Memiliki anak yang cerdas tentunya merupakan dambaan setiap orangtua. Ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah membangun interaksi yang baik. Foto: Repro Mimubtadiululun

" Masih sedikit orang tua yang masih belum memahami bagaimana caranya meningkatkan kecerdasan otak anak yang sangat berpengaruh pada hubungan keduanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki anak yang cerdas tentunya merupakan dambaan setiap orang tua. Namun, masih sedikit orang tua yang masih belum memahami bagaimana caranya meningkatkan kecerdasan otak anak yang sangat berpengaruh pada hubungan keduanya.

Berikut Telisik.id merangkum 7 cara tingkatkan kecerdasan anak dilansir dari berbagai sumber.

1. Membangun interaksi yang baik


Melansir Kompas.com, kualitas komunikasi antara orang tua dan anak dapat menentukan kecerdasan anak, hal ini karena anak adalah cermin dari perilaku dan kebiasaan yang dilakukan orang tuanya.

Mengajak dan mendengarkan anak berbicara akan melatihnya mengekspresikan diri secara jujur dan terbuka.

Kesempatan inilah yang bisa orang tua jadikan jembatan untuk memberikan dorongan serta motivasi kepada anak.

2. Membacakan buku cerita

Membacakan buku cerita atau dongeng dapat membentuk ikatan emosional yang kuat antara orang tua dan anaknya. Selain itu, buku cerita atau dongeng adalah perantara yang baik untuk mengajarkan anak tentang hal-hal baru, serta mendorong anak untuk lebih banyak bertanya.

Dengan sering mendengarkan cerita, kosakata yang dimiliki anak akan terus bertambah, hal ini baik untuk merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak.

3. Beri pujian

Salah satu bentuk apresiasi anak adalah memberikan pujian. Memuji hal positif yang dilakukan anak dapat membuatnya menjadi lebih termotivasi lebih baik di sekolahnya.

Oleh karena itu, baiknya orang tua terus memantau dan memastikan hasil belajar anak di sekolah, serta jangan lupakan usaha, cara dan prosesnya.

4. Memberikan nutrisi yang baik

Belajar membutuhkan energi dan asupan yang banyak dan bernutrisi. Hal ini karena belajar memerlukan kerja sama antara tubuh dan otak di waktu yang bersamaan.

Jika anak tidak memiliki nutrisi yang baik, maka konsentrasi anak akan buruk dan kualitas belajar akan berkurang.

Baca Juga: Bayi Sariawan? Kenali Gejala dan Solusinya

Anda bisa membuat kudapan atau menu makanan yang dilengkapi dengan nutrisi. Biasanya anak akan sangat suka dengan camilan, oleh karena itu anda bisa menyiasatinya dengan hal ini.

5. Membangun lingkungan yang mendukung

Memastikan lingkungan sekitar cukup kondusif untuk belajar adalah bagian dari cara meningkatkan kecerdasan anak.

Orang tua bisa hadirkan suasana yang bersih, hening dan nyaman akan membantu proses belajar anak menjadi lebih baik. Dengan proses belajar yang baik, hasil pembelajaran juga akan menghasilkan hal yang baik.

6. Menjaga pola tidur

Melansir Kontan.co.id, kekurangan tidur bisa menyebabkan kecerdasan buah hati terhambat. Saat tubuh kekurangan istirahat, kerja otak juga tidak maksimal. 

Saat kekurangan waktu istirahat, otak terlalu lelah untuk menangkap informasi. Daya konsentrasi anak juga menurun sehingga mereka cepat bosan saat belajar.

7. Biarkan anak memilih

Orang tua terkadang membatasi pilihan buah hati. Bukan karena tidak sayang, tapi Anda takut buah hati memilih yang salah.  Sikap ini justru menghambat kecerdasan buah hati. Dengan membiarkan anak memilih, mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang banyak.

Baca Juga: 5 Artis Cantik yang Menjanda di Usia Muda, Ada Amanda Manopo

Mereka bisa belajar jika memilih bermain tanah misalnya, bisa membuat tubuh kotor. Jika tubuh kotor bisa mendatangkan penyakit dan ibu tidak suka.  Dari hal tersebut buah hati belajar sebab dan akibat. Ke depannya mereka bisa lebih berhati-hati saat memilih. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Baca Juga