7 Keuntungan Jadi Wanita Mandiri, Kamu Termasuk?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 16 Juli 2022
0 dilihat
7 Keuntungan Jadi Wanita Mandiri, Kamu Termasuk?
Wanita mandiri mampu memilih dan mengendalikan hidupnya sendiri termasuk dalam mengelola keuangan dan pekerjaan. Foto: Repro beautynesia.id

" Di zaman modern, menjadi wanita mandiri bukan sesuatu yang baru. Pemikiran dan gaya hidup yang semakin modern, menampik anggapan jika wanita hanya bisa bekerja di dapur "

KENDARI, TELISIK.ID - Di zaman modern, menjadi wanita mandiri bukan sesuatu yang baru. Pemikiran dan gaya hidup yang semakin modern, menampik anggapan jika wanita hanya bisa bekerja di dapur. Seiring perkembangan waktu, wanita saat ini tak sedikit menjadi mandiri, baik secara finansial maupun kehidupan sosial.

Banyak hal-hal positif bagi seorang wanita mandiri, berikut ulasan lengkap mengenai keuntungan menjadi wanita mandiri, seperti dilansir dari yoursay.id, yaitu:

1. Percaya diri

Atas kemandirian yang dimiliki, seorang wanita akan merasa lebih percaya diri. Dengan keleluasaan yang merupakan hak, wanita bisa mengakses segala hal dan meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya.

Bekal dari semua itu adalah perempuan menjadi memiliki sumber pengetahuan yang unggul dan membuatnya berkiprah dengan baik dalam bermasyarakat. Dengan begitu, wanita akan merasa percaya diri dan bangga terhadap dirinya sendiri.

2. Tidak bergantung pada orang lain

Wanita yang mandiri bisa mengurus hidupnya sendiri dan memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Hal tersebut membuat wanita merasa lebih kokoh, kuat dan tidak mudah bergantung pada orang lain. Bukan berarti tidak membutuhkan orang lain, namun dia bisa mengandalkan dirinya sendiri dalam berbagai hal.

3. Miliki empati yang tinggi

Menjadi wanita mandiri juga membuat seseorang menjadi manusia yang memiliki empati tinggi. Hal tersebut didasari karena dia juga mengalami proses yang tidak mudah dalam hidupnya, sehingga dia bisa lebih peka dan peduli dengan orang lain. Terutama adalah mereka yang juga memiliki perjalanan hidup tidak mudah. 

Orang dengan empati yang tinggi lebih memahami apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dia lakukan, tahu bagaimana menyikapi orang yang berperilaku buruk, tidak egois, dan paham bagaimana cara mengekspresikan perasaannya dengan baik. Hal itu tentu sangat menguntungkan wanita sehingga memiliki citra yang baik dalam masyarakat.

4. Tidak mudah di remehkan orang lain

Seorang wanita yang mandiri bisa menjaga harkat dan martabat dirinya sendiri. Ketika ada orang yang berkata tidak baik tentangnya, maka dia bisa segera membersihkan namanya sendiri, dia bisa meluruskan sebuah pandangan yang keliru mengenai dirinya.

Hal itu membuatnya memiliki kekuatan untuk menjunjung tinggi harga dirinya sebagai seorang wanita. Dan hal tersebut membuatnya sulit untuk diremehkan. 

Baca Juga: Drama Korea Terbaru Juli 2022, Simak Selengkapnya Disini

5. Menolong orang lain

Dilansir dari kumparan.com, seorang perempuan yang mandiri tak hanya mampu menopang kebutuhan diri sendiri, tetapi juga mampu menolong orang lain. Wanita mandiri dapat diandalkan, orang-orang akan semakin percaya dengan kemampuanmu sebagai perempuan yang berdaya.

6. Miliki jaringan sosial yang lebih luas

Perempuan yang mandiri biasanya akan memiliki kemampuan untuk bermanuver di tengah situasi sosial dengan mudah. Sebab, kepercayaan diri yang mereka miliki dapat membantu mereka lebih terbuka dalam berbagai keadaan dan situasi, termasuk ketika diharuskan untuk berkenalan dan bergaul dengan orang-orang baru.

Baca Juga: Mengenal Kata Healing, Bahasa Gaul yang Populer di Media Sosial

7. Hidup sejahtera

Perempuan yang mandiri akan mampu mengendalikan dan memilih jalan hidupnya sendiri. Kamu bisa memutuskan pendidikan, profesi, cara mengelola keuangan, dan hidup yang ingin kamu tempuh. Dalam kata lain, perempuan mandiri bisa mencapai hidup yang sejahtera berdasarkan perspektifnya sendiri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga