7 Tempat di Negara Ini Tak Mempan Gravitasi Bumi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
0 dilihat
7 Tempat di Negara Ini Tak Mempan Gravitasi Bumi
Rua Do Amendoim merupakan jalan dengan tanjakan curam yang terkenal di Brasil, salah satu tempat di negara ini yang tak mempan dengan gravitasi. Foto: Repro kompas.com

" Hampir segala sesuatu di bumi yang kita tempati ini tidak terlepas dari gaya gravitasi. Namun, beberapa tempat di dunia rupanya tak mempan terhadap hukum gravitasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat duduk di bangku sekolah kamu tentu pernah mempelajari hukum gravitasi. Hukum gravitasi ditemukan oleh Isaac Newton pada 1687.

Hukum ini menyatakan ada gaya tarik menarik dari dua benda yang menyebabkan kita mampu menginjak bumi.

Hampir segala sesuatu di bumi yang kita tempati ini tidak terlepas dari gaya gravitasi. Namun, beberapa tempat berikut ini yang rupanya tak mempan terhadap hukum gravitasi.

Dilansir dari liputan6.com, berikut tempat yang tak mempan dengan hukum gravitasi.

1. Air terjun di Inggris

Air terjun ini berlokasi tak jauh dari Hayfield, Inggris, dan yang membuatnya menjadi sangat unik karena air tersebut mengarah ke atas. Nyatanya rahasia dari air terjun yang mengarah ke atas tersebut lantaran angin dari bawah yang begitu kuat.

2. Bendungan Hoover di Nevada

Baca Juga: Sri Lanka Memanas, Ribuan Demonstran Duduki Kediaman Presiden

Air di bendungan ini tak jatuh ke bawah tapi akan naik ke atas. Hal ini terjadi karena udara bergerak ke atas sangat kuat yang diciptakan oleh struktur bendungan. Ini membuat air yang kalian tuang terbawa angin ke atas.

3. Batu Davaskodi Argentina

Kalian tentu akan takjub melihat batu besar dengan berat lebih dari 300 ton menggantung dengan seimbang di pinggir bukit. Tak ada yang tahu sejak kapan kejadian alam itu berlangsung, akan tetapi setidaknya 200 generasi telah jadi saksi keberadaannya. Masyarakat setempat bahkan mengkaitkan kejadian alam itu dengan dewa matahari Davasko, oleh karena itu batu ini diberi nama ‘Stone of Davasko’.

4. Jalan di Gunung Aragats, Armenia

Di antara Turki dan Armenia ada sebuah jalan yang membuat banyak orang heran. Pasalnya di jalanan yang menanjak tersebut kalian bisa menyaksikan kendaraan akan berjalan ke atas dengan sendirinya meski mesin dimatikan. Ribuan wisatawan pun datang ke jalan ini untuk menjadi saksi fenomena anti gravitasi yang terjadi di sana.

Mengutip dari kompas.com, terdapat tempat-tempat di negara berikut yang juga tak mempan dengan gravitasi, yaitu:

5. Pagoda Kyaikitiyo di Myanmar

Menurut legenda, batu ini berdiri tegak di atas sehelai rambut seorang pemeluk agama Buddha. Lantaran berdiri di tepi gunung, batu emas besar ini seolah tampak akan jatuh. Faktanya, batu tersebut sudah berada di sini selama ribuan tahun.

Pagoda Kyaikitiyo menjadi tempat ibadah yang populer bagi peziarah dan wisatawan karena menyajikan pemandangan mengesankan, serta batu karang yang unik.

6. The Mysterious Road di Jeju (Korea Selatan)

Baca Juga: Alami Krisis Ekonomi, Presiden Sri Lanka Mengundurkan Diri

Sebuah objek biasanya akan bergerak menuruni bukit, namun hukum yang berlaku di sini adalah sebaliknya. Di "Mysterious Road", mobil dan benda lain dalam kondisi netral akan tampak bergerak menanjak. Kendati hal itu sebenarnya disebabkan oleh ilusi optik, tempat ini masih menarik perhatian banyak orang.

7. Rua Do Amendoim di Brasil

Rua Do Amendoim merupakan jalan dengan tanjakan curam yang terkenal di Brasil. Kepopuleran Rua Do Amendoim tidak lain karena mobil yang dibiarkan dalam keadaan netral seolah bergerak menanjak. Ketika mobil menanjak, kecepatan akan bertambah sehingga satu-satunya cara yang dilakukan pengemudi adalah menginjak pedal rem.

Banyak teori berkembang seputar Rua Do Amendoim. Beberapa orang meyakini adanya kekuatan supranatural, sedangkan sebagian lain menduga terdapat deposit magnet yang sangat besar di bawah daerah tersebut. Para ahli berpendapat, apa yang terjadi di jalan ini merupakan ilusi optik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga