7 Tips Atasi Bayi yang Susah Tidur di Malam Hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
7 Tips Atasi Bayi yang Susah Tidur di Malam Hari
Orang tua perlu mengetahui tips mengatasi bayi yang susah tidur pada malam hari. Foto: popmama.com

" Bayi pada umumnya membutuhkan waktu tidur yang cukup banyak. Namun seringkali bayi kesulitan tidur saat malam hari, maka perlu tahu tips mengatasinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Bayi pada umumnya membutuhkan waktu tidur yang cukup banyak. Namun seringkali bayi kesulitan tidur saat malam hari, maka perlu tahu tips mengatasinya.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab bayi susah tidur, terutama di malam hari.

Faktor-faktor tersebut antara lain, bayi belum mengenal siang dan malam. Bayi sangat sensitif terhadap suara bising. Adanya perubahan pada tubuh bayi, seperti kedinginan, sehingga ia merasa tidak nyaman.

Bayi pada umumnya membutuhkan waktu tidur yang cukup banyak, maka perlu tahu tips mengatasi bayi yang susah tidur pada malam hari.

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa tips mengatasi bayi yang sulit tidur saat malam hari:

1. Ciptakan kebiasaan sebelum tidur

Kebiasaan atau rutinitas tertentu juga dapat bantu mengatasi masalah bayi susah tidur. Anda bisa menerapkan rutinitas harian menjelang tidur.

Contohnya seperti membacakan buku, mendengarkan atau menyanyikan lagu, dan lainnya. Mengenalkan rutinitas menjelang tidur ini dapat dilakukan mulai usia bayi menginjak tiga bulan.

2. Kenalkan perbedaan siang dan malam

Merujuk laman Webmd, bayi tidak mengetahui perbedaan antara siang dan malam. Untuk memudahkan si kecil tidur di malam hari, orang tua dapat menunjukkan perbedaan siang dan malam.

Caranya dengan mengajak si kecil bermain dan mengobrol di siang hari. Pastikan juga pencahayaan di dalam ruangan selalu terang dan biarkan ia mendengar suara dari aktivitas sehari-hari, seperti mesin cuci atau televisi.

Baca Juga: 8 Tips Pencegahan Anak Cacingan Sedini Mungkin

Sementara di malam hari, usahakan untuk tidak mengajaknya bermain dan berbicara terlalu lama. Selain itu, kurangi juga pencahayaan dan suara aktivitas di dalam rumah.

3. Jangan ajak bermain saat terbangun

Ketika bayi terbangun di malam hari, hindari mengajaknya bermain atau berinteraksi. Hal itu untuk memberikan pemahaman kepada bayi mengenai perbedaan siang dan malam.

Untuk menggantinya, Anda bisa memberikan pijatan ringan pada tubuh bayi dan mengganti bajunya dengan pakaian tidur yang nyaman.

4. Tetapkan jadwal tidur

Menetapkan waktu tidur yang konsisten perlu untuk membuat bayi memiliki jadwal tidur yang teratur, seperti yang dilansir dari laman Babycenter.

Anda bisa membuat jadwal harian si kecil seperti bermain, minum ASI, tidur siang, dan tidur malam. Tempatkan aktivitas di waktu yang sama setiap harinya sehingga bayi akan terbiasa dan lebih mudah tertidur.

5. Berikan bayi waktu untuk menangis

Melansir Mayoclinic, bayi yang sulit tidur terkadang akan menangis atau rewel dalam beberapa menit. Hal ini normal dan Anda tidak perlu memaksaknya untuk segera berhenti menangis.

Untuk mengatasinya, orang tua bisa melakukan berbagai cara untuk membuat bayi merasa nyaman, seperti mengganti pakaian, membedong, atau memeluknya.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengobati Sakit Telinga di Rumah

Apabila membedong, pastikan tidak terlalu ketat dan tidak dikenakan pada bayi di atas 4 bulan.

6. Kenali tanda bayi mengantuk

Umumnya, bayi yang mengantuk ditandai dengan menguap, mengucek mata, dan banyak meregangkan tubuh. Terkadang bayi juga bahkan menangis saat mengantuk.

Kenali tanda-tanda tersebut dan segera tempatkan bayi di tempat tidur. Lakukan dengan segera dan jangan sampai menunda menidurkan bayi, sebab kondisi fisik bayi yang terlalu lelah justru dapat membuatnya lebih susah tidur.

7. Berikan susu saat bayi terbangun

Ada banyak alasan bayi terbangun atau sulit tidur, salah satunya karena lapar. Saat bayi terbangun dan menangis di malam hari, Anda bisa memberinya susu atau ASI.

Susui bayi dalam ruangan yang redup sehingga si kecil nyaman dan dapat dengan mudah tertidur kembali.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa orangtua lakukan untuk mengatasi bayi yang susah tidur saat malam hari. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga