6 Cara Jitu Atasi Maag Saat Berpuasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
6 Cara Jitu Atasi Maag Saat Berpuasa
Penting untuk mengetahui cara mengatasi maag agar puasa bisa lancar selama ramadan. Foto: Dok. Mecosin

" Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang saat menjalani ibadah puasa ramadan adalah maag "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang saat menjalani ibadah puasa ramadan adalah maag.

Dikutip dari detik.com, penyakit maag kambuh ketika mulai berpuasa merupakan hal yang wajar terjadi lantaran perubahan waktu makan yang cukup signifikan.

Pasalnya, apabila lambung kosong dalam waktu yang cukup lama, asam lambung pun dengan mudah mengiritasi dinding lambung dan mengakibatkan rasa perih. Hal ini yang dapat meningkatkan risiko maag kambuh saat puasa.

Olehnya itu penting untuk mengetahui cara mengatasi penyakit satu ini saat puasa.

Baca Juga: 6 Tips Ini Bantu Atasi Kulit Wajah Kering saat Puasa

Melansir yoursay.id dari laman Webmd dan WeFast, berikut beberapa cara untuk mengatasi maag saat menjalani ibadah puasa ramadan:

1. Hindari Makanan atau Minuman Pemicu Asam Lambung

Beberapa jenis makanan yang memicu naiknya asam lambung, yakni makanan bersantan, asam, berminyak banyak, dan terlalu pedas.

Sedangkan untuk minuman yang bisa memicu asam lambung meliputi teh, kopi, dan softdrink yang mengandung kafein. 

2. Jangan Lupakan Waktu Sahur

Waktu sahur atau sarapan khusus ramadan begitu penting bagi para orang yang memiliki riwayat penyakit maag. Hal ini bertujuan untuk memastikan lambung tidak dalam kondisi kosong dalam jangka waktu yang terlalu lama yang bisa menyebabkan kekambuhan maag.

Selain itu pemilihan jenis makanan saat sahur juga perlu diperhatikan. Misalnya dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi putih, nasi merah dan oatmeal, sumber protein dari daging dan kacang-kacangan, serta tak lupa pula untuk mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung serat. 

3. Hindari Kebiasaan Tidur Setelah Makan

Kebiasaan tidur setelah makan akan memudahkan asam lambung untuk naik hingga tenggorokan dan memicu rasa terbakar di dada (Heartburn). Hal ini tentu akan membahayakan kondisi kesehatan.

Oleh sebab itu, biasakan untuk duduk terlebih dahulu setelah makan agar lambung dapat mencerna makanan dengan baik.

4. Hindari Makan Secara Berlebihan

Saat berbuka dan sahur hindari kebiasaan makan secara berlebihan. Selain membuat perut terasa begah, makan secara berlebihan juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Oleh sebab itu, makanlah dengan porsi yang sesuai dan berhenti sebelum merasa terlalu kenyang.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Aturan Minum Obat saat Puasa Ramadan

5. Berbuka Tepat Waktu

Hindari kebiasaan menunda waktu makan saat memasuki waktu berbuka. Karena bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Namun, apabila kamu sedang dalam perjalanan atau tidak banyak waktu untuk makan saat berbuka puasa, cobalah untuk mengonsumsi cemilan sehat seperti kurma dan segelas air putih terlebih dahulu agar perut tidak kosong dalam waktu yang terlampau lama.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mencegah maag saat berpuasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga