7 Tips Sukses Jalur Langit, Salat Tahajud hingga Sedekah Subuh

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 31 Juli 2022
0 dilihat
7 Tips Sukses Jalur Langit, Salat Tahajud hingga Sedekah Subuh
Banyak hal yang dilakukan ketika ingin sukses jalur langit, yaitu dengan Tawakkal, serta dengan melakukan 7 tips amalan, beberapa diantaranya yaitu sholat Tahajud, sedekah subuh, hingga sholat rawatib. Foto: Repro nationalgeographic.grid.id

" Setiap manusia pasti menginginkan kesuksesan, baik sukses pada pekerjaan, sukses berwirausaha ataupun sukses di bidang pendidikan dan sebagainya "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap manusia pasti menginginkan kesuksesan, baik sukses pada pekerjaan, sukses berwirausaha ataupun sukses di bidang pendidikan dan sebagainya.

Akhir-akhir ini tengah viral kalimat sukses jalur langit di sosial media terutama di platform TikTok. Beberapa orang membeberkan pengalamannya tentang hal tersebut dan merasa telah berhasil sukses lewat jalur langit.

Dalam Islam, yang dimaksud sukses jalur langit adalah cara bagaimana sebagai muslim dalam meraih tujuan hidup di dunia dan akhirat tentunya dengan ridha Sang Pencipta yaitu Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Dikutip dari rumaysho.com, jalan meraih sukses dengan pasti adalah dengan bertakwa dan bertawakkal pada Allah subhanahu wa ta’ala. Ayat yang bisa menjadi renungan bagi kita bersama adalah firman Allah Ta’ala, yang artinya:

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

Hakikat Tawakkal

Tawakkal berasal dari kata “wukul”, artinya menyerahkan atau mempercayakan. Seperti dalam kalimat disebutkan aku menyerahkan urusanku pada fulan. Sedangkan yang dimaksud dengan tawakkal adalah berkaitan dengan keyakinan.

Keutamaan Tawakkal yaitu:

Pertama: Tawakkal sebab diperolehnya rizki. Sebagaimana Allah Ta’ala sebutkan dalam firman-Nya,

Baca Juga: Wisudawan Terbaik UHO Berbagi Tips Raih Gelar Master dengan IPK 4,0

“Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” (QS. Ath Tholaq: 3).

Kedua: Diberi kecukupan oleh Allah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membaca surat Ath Tholaq ayat 3 kepada Abu Dzar Al Ghifariy. Lalu beliau berkata padanya, “Seandainya semua manusia mengambil nasehat ini, itu sudah akan mencukupi mereka. Yaitu seandainya manusia betul-betul bertakwa dan bertawakkal, maka sungguh Allah akan mencukupi urusan dunia dan agama mereka."

Ketiga: Masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Tujuh puluh ribu orang dari umatku akan masuk surga tanpa hisab. Mereka adalah orang-orang yang tidak minta diruqyah, tidak beranggapan sial dan mereka selalu bertawakkal pada Rabbnya.”

Banyak cara bagi tiap muslim mendekatkan diri kepada Allah agar sukses di dunia dan akhirat. Bentuk dari mendekatkan diri kepada Allah dapat berupa Ibadah, berbuat baik, berakhlak baik kepada sesama dan lain sebagainya.

Selain harus dan bertawakkal pada Allah,  kita juga harus menghindari tawakkal yang keliru. Beberapa bentuk tawakkal yang keliru, antara lain:

Pertama: Menyandarkan hati pada Allah, namun tidak melakukan usaha dan mencari sebab.

Kedua: Melakukan usaha, namun enggan menyandarkan diri pada Allah dan menyandarkan diri pada sebab, maka ini termasuk syirik kecil. Seperti memakai jimat, agar dilancarkan dalam urusan atau bisnis.

Ketiga: Sebab yang dilakukan adalah sebab yang haram, maka ini termasuk keharaman. Misalnya, meraih dengan jalan korupsi.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Keempat: Meyakini bahwa sebab tersebut memiliki kekuatan sendiri dalam menentukan hasil, maka ini adalah syirik akbar (syirik besar). Keyakinan semacam ini berarti telah menyatakan adanya pencipta selain Allah. Misalnya, memakai pensil ajaib yang diyakini bisa menentukan jawaban yang benar ketika mengerjakan ujian. Jika diyakini bahwa pensil tersebut yang menentukan hasil, maka ini termasuk syirik akbar.

Dilansir dari urbanbanjar.com, tips amalan-amalan yang harus dilakukan supaya bisa sukses lewat jalur langit. Dibawah ini beberapa tips agar bisa sukses lewat jalur langit, coba amalkan rutin selama 7 hari, jika berhasil lanjut 14 hari dan seterusnya hingga 40 hari, diantaranya:

1. Salat Tahajud

Salat tahajud merupakan salat yang dapat dilakukan di saat malam hari yaitu di saat sepertiga malam. Solat tahajud bisa dilakukan dengan dua rakaat atau boleh lebih.

2. Salat Witir

Salat witir merupakan salat yang mempunyai rakaat ganjil. bisa dilakukan 1 rakaat atau tiga rakaat saja. Salat witir dapat dilakukan setelah salat isya ataupun setelah salat tahajud.

3. Salat Qobliyah Shubuh

Salat Qabliyah subuh merupakan salat rawatib, dimana dilakukan sebelum shalat subuh setelah adzan subuh berkumandang. Shalat qabliyah subuh dilakukan sebanyak dua rakaat. Salat Qabliyah subuh merupakan shalat yang ketika dilakukan, maka lebih baik dari dunia dan seisinya.

4. Baca QS.  Al - Waqiah

Dimana QS.  Al - Waqiah dijuluki dengan surah anti kefakiran. Dimana orang yang mengamalkannya insya Allah dijauhkan dari kefakiran.

5. Sedekah Subuh

Sedekah subuh dapat dilakukan ketika waktu subuh, bisa diniatkan untuk orang tua, keluarga, sanak saudara yang membutuhkan, ataupun orang lain yang membutuhkan.

6. Salat Dhuha dan baca QS. Al - Insyirah

Salat dhuha dapat dilakukan dua rakaat saja atau lebih. bisa 4 , 6, 8, sampai 12 rakaat.

7. Salat Rawatib

Qobliyah dzuhur  (2 rakaat), ba'diyah dzuhur ( 4 rakaat), Ba'diyah maghrib (2 rakaat),  dan ba'diyah isya (2 rakaat), dan Qabliyah subuh (2 rakaat). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga