8 Ciri Penanda Anak Cerdas

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 26 April 2024
0 dilihat
8 Ciri Penanda Anak Cerdas
Kecerdasan anak sudah dapat dilihat ciri-cirinya sejak masih balita. Foto: iStock

" Kecerdasan seorang anak tidak terjadi begitu saja saat dia dewasa, namun ternyata dapat diketahui sejak anak masih balita "

KENDARI, TELISIK.ID - Kecerdasan seorang anak tidak terjadi begitu saja saat dia dewasa, namun ternyata dapat diketahui sejak anak masih balita.

Pada umumnya, dikutip dari haibunda.com, anak yang memiliki kecerdasan rata-rata kerap disebut jenius. Adapun istilah jenius ini mengacu pada seseorang dengan kekuatan intelektual atau kreatif yang luar biasa.

Psikolog pada awal tahun 1900-an adalah yang pertama mengukur dan mendefinisikan kejeniusan dari segi kecerdasan intelektual atau Intelligence Quotient (IQ) seseorang.

Mengutip dari Web MD, sebenarnya tidak ada satu definisi pun tentang jenius. Namun, banyak dokter telah mempelajari anak-anak yang sangat cerdas atau berbakat untuk memahami kejeniusan dengan lebih baik.

Dimana mereka mendefinisikan kejeniusan sebagai kekayaan orisinalitas, kreativitas, dan kemampuan berimajinasi atau berpikir dengan cara dan bidang baru.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Tato Badan Suku Kalinga di Filipina

Lantas, apa saja ciri-ciri jika seorang anak memiliki kecerdasan sejak dia masih kecil atau balita?

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa ciri anak memiliki kecerdasan yang baik sejak masih balita:

1. Rasa ingin tahu yang tinggi

Ciri pertama yang dapat dilihat pada anak adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Jadi dia bukan cuma keaktifannya yang tinggi, rasa ingin tahu anak pintar juga cenderung tinggi. Ia tampak seperti tidak pernah berhenti bertanya mengenai hal yang ingin diketahuinya.

Bahkan seringkali pertanyaan yang dilontarkan pun mendalam yang terkadang sulit untuk dijawab oleh orangtua orang orang dewasa lainnya.

2. Memiliki memori yang baik

Ciri kedua jika anak memiliki kecerdasan baik adalah memiliki memori otak yang baik pula. Anak seperti ini bisa mengingat banyak hal dengan tepat serta dalam waktu yang cukup lama.

3. Kreatif dan imajinatif

Ciri ketiga adalah anak tersebut kreatif dan imajinatif. Anak ini perkembangan kognitifnya cenderung melebihi anak sebayanya.

Hal ini membuatnya cenderung lebih kreatif, termasuk dalam memberikan ide-ide hingga memecahkan masalah.

Bukan cuma itu, selian kreatif anak yang cerdas juga adalah anak yang imajinatif. Baby Center menyebut, anak pintar umumnya memiliki imajinasi yang hidup dan kemampuan untuk berfantasi.

4. Memiliki kemampuan berpikir yang cepat

Ciri keempat adalah memiliki kemampuan berpikir cepat. Anak cerdas ini perkembangan kognitifnya cenderung pesat, sehingga tidak hanya membuat anak pintar menjadi kreatif, tetapi juga bisa berpikir serta menerima dan memahami informasi dengan cepat.

Bukan sekadar memahami, anak ini juga bisa menggunakan dan menerapkan informasi yang diterimanya tersebut dengan baik.

5. Cenderung lebih aktif

Ciri kelima adalah dia cenderung lebih aktif dibandingkan anak lain yang sebanyanya.

Pada dasarnya, memang anak-anak identik dengan sikapnya yang aktif. Namun, anak yang pintar cenderung lebih aktif ketimbang anak pada umumnya dan bahkan tampak seperti tak bisa diam.

6. Bersemangat pada hal yang disukai

Ciri keenam adalah saat melakukan hal yang disukai dia cenderung lebih bersemangat. Jika dia menyukai suatu hal, ia bisa bertahan fokus pada satu hal tersebut dalam waktu yang lama.

Ia bisa sering membaca buku mengenal hal tersebut, kemudian terus menerus membahasnya. Uniknya, sesuatu yang diminatinya ini sering kali merupakan hal yang tak biasa.

7. Berbicara lebih awal dan lancar

Ciri ketujuh anak yang memiliki kecerdasan sejak dini adalah dia berbicara lebih awal dan lancar.

Dibandingkan dengan anak-anak seusianya, anak yang pintar umumnya lebih cepat berbicara. Perbendaharaan katanya pun lebih luas ketimbang anak lainnya.

Baca Juga: Ini 8 Ragam Tradisi Lebaran Khas Indonesia

Tidak hanya itu, apabila si anak lambat dalam bicara sekali pun, namun perkembangan bahasanya cenderung pesat dan tinggi sehingga sering kali lebih suka bicara dengan orang dewasa.

8. Lebih humoris

Terakhir, ciri kedelapan adalah anak tersebut lebih humoris. Pada umumnya, anak yang pintar sering kali lebih humoris atau memiliki selera humor yang tinggi sejak dini.

Tidak hanya itu, seringkali selera humor anak cerdas ini terkesan absurd atau unik yang tidak dimiliki anak-anak pada umumnya.

Nah, itulah beberapa ciri yang dimiliki anak jika memiliki kecerdasan yang baik, yang dapat dilihat sejak dia masih kecil atau balita. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga