88 KK Warga Muna di Mamuju Butuh Bantuan

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 20 Januari 2021
0 dilihat
88 KK Warga Muna di Mamuju Butuh Bantuan
Kondisi pengungsi korban gempa Mamuju. Foto: Ist.

" Uang disini (Mamuju) tidak berarti, karena pertokoan semua tutup. Dari pada mati kelaparan, kita hadang kendaraan pengangkut logistik. "

MUNA, TELISIK.ID - Gempa bumi bermagnitudo 6,2, pada Jumat (15/1/2021) yang melanda Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) menelan banyak korban jiwa. Rumah, perkantoran dan fasilitas lainnya luluh lantak.

Namun, siapa sangka dalam bencana alam itu juga menimpa warga Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berdomisili di Mamuju. Tercatat ada 88 kepala keluarga (KK) warga Bumi Sowite yang terdampak gempa itu.  

Arfan Saribu, pengurus persatuan Mieno Wuna (orang Muna) Sulbar menerangkan, dalam musibah itu, tidak ada satupun yang menjadi korban. Namun, rumah-rumah mereka mengalami kerusakan cukup parah. Mereka pun terpaksa mengungsi di dataran tinggi di wilayah Kelapa Tujuh dekat rumah jabatan (Rujab) Bupati Mamuju.

"Alhamdulillah, kami semua selamat. Kami berada di pengungsian, karena ada instruksi dari BMKG agar meninggalkan rumah untuk menghindari gempa susulan dan tsunami," kata Arfan yang dihubungi via ponselnya, Rabu (20/1/2021).

Selama berada di pengungsian, mereka sangat kesulitan mendapatkan makanan. Terpaksa, untuk bertahan hidup mereka menghadang kendaraan pengangkut logistik.  

Baca juga: Bantuan Logistik Terus Didistribusikan kepada Korban Gempa di Sulbar

"Uang disini (Mamuju) tidak berarti, karena pertokoan semua tutup. Dari pada mati kelaparan, kita hadang kendaraan pengangkut logistik," ungkapnya.

Kini, mereka berharap bantuan dari Pemkab Muna dan masyarakat. Utamanya, makanan, tenda, tikar dan pakaian.  

"Disini (lokasi pengungsian) hujan terus. Makanan dan pakaian sangat kami butuhkan," terangnya.  

Di Mamuju sendiri, orang-orang Muna banyak yang bekerja sebagai anggota TNI/Polri, ASN dan pekerja serabutan. Bahkan, ada orang Muna yang menjabat sebagai Danlanal Mamuju, Letkol Marinir La Ode Jimmy Herizal, Kapolsel Malunda, IPTU Muhtar Salma Kamali Raafi, Kasek SMP 4 Mamuju, La Ode Putu dan masih banyak lagi yang menduduki jabatan penting di Pemprov Sulbar serta Pemkab Majene. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga