918 Jamaah Haji Sulawesi Tenggara Diberangkatkan Tahun Ini

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 09 Juni 2022
0 dilihat
918 Jamaah Haji Sulawesi Tenggara Diberangkatkan Tahun Ini
Calon jamaah haji Sulawesi Tenggara saat mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji reguler tahun 2022. Foto: Humas Kemenag Sulawesi Tenggara.

" Sebanyak 918 jemaah haji Sulawesi Tenggara akan diberangkatkan ke tanah suci pada (21/6/2022) dengan dibagi menjadi 3 kloter "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 918 jemaah haji Sulawesi Tenggara akan diberangkatkan ke tanah suci pada (21/6/2022) dengan dibagi menjadi 3 kloter, yang akan tergabung dalam kloter 6,7, dan 8.

Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara, H. Zainal Mustamin mengatakan jemaah haji Sulawesi Tenggara merupakan keseluruhan jamaah daerah di berbagai kabupeten atau kota. Sehingga tidak heran jumlah jamaah haji selalu banyak.

"Untuk yang berangkat ke tanah suci secara menyeluruh itu mencapai 922 orang, dimana tambahan itu merupakan petugas haji daerah. Mereka akan berangkat tanggal 21 dari Kendari menuju Makkasar untuk transit, dan kemungkinan tanggal 22-23 Juni 2022, jamaah sudah langsung diberangkatkan ke tanah suci," ungkapnya, Kamis (9/6/2022).

Jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini, adalah jamaah yang dulu keberangkatannya tertunda, tetapi tidak menarik setoran awalnya, dan tidak menyatakan mundur, serta mereka yang 65 tahun ke bawah. Sedangkan yang berumur 65 tahun ke atas, itu tertunda keberangkatannya dan akan menunggu regulasi tahun depan, apakah bisa diberangkatkan atau tidak.

Mantan Kepala Kemenag Kota Kendari itu pun berpesan kepada seluruh jamaah haji agar selalu senantiasa menjaga kesehatan agar bisa beribadah dengan aman, lancar, dan khusyuk.

Baca Juga: Aplikasi Simoderat Kemenag Kendari Jadi yang Pertama di Indonesia

Baca Juga: Raih Nilai 905, Kendari Menuju Predikat Utama Kota Layak Anak

"Mereka harus bisa hidup sehat, dengan selalu menjaga makan yang teratur, istirahat, dan olahraga, agar badan selalu tetap fit dan bugar.  Serta yang terpenting adalah selalu mengamalkan perintah agama, yaitu sholat, mengaji, sedekah. Ini yang harus selalu dijaga, agar para jamaah bisa mendapatkan berkah dan ridho Allah SWT, serta menjadi haji yang mabrur," jelasnya.

Sementara itu, Kepala bidang penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sultra Marni mengatakan berbagai persiapan dan pembekalan terus dilakukan kepada para jamaah haji. Agar pada saat pemberangkatan dan juga saat melaksanakan ibadah, mereka sudah paham dan mengerti.

"Untuk hari ini kami baru saja melakukan pemantapan lintas sektoral, yang diikuti beberapa kementrian terkait yang berhubungan dengan pemberangkatan haji, untuk membahas mekanisme dan lebih mematangkan persiapan keberangkatan haji. Karena bagaimanapun, ini menjadi tugas negara atau tugas kita semua, untuk bisa menyukseskan para jamaah haji yang akan beribadah ke tanah suci," ujarnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga