Ada Dugaan Pungli Rapid Test, Bupati Konawe Ancam Mutasi

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Selasa, 14 Juli 2020
0 dilihat
Ada Dugaan Pungli Rapid Test, Bupati Konawe Ancam Mutasi
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Sekda Konawe Ferdinand Sapan. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Siapa orangnya itu, saya minta sama Pak Sekda, oknum ini dicari ya, kalau sudah ketemu kita mutasi saja dan uang siswa dikembalikan. "

KONAWE, TELISIK.ID - Adanya Dugaan Pungli di tubuh Dinas Kesehatan Konawe saat melakukan Rapid Tes membuat Bupati, Kery Saiful Konggoasa mengambil sikap tegas.

Akibat dugaan itu, Kery Saiful Konggoasa meminta Sekretaris Daerah (Sekda) untuk memutasi oknum pegawai Dinas Kesehatan Konawe jika terbukti melakukan Pungli terhadap sejumlah siswa yang hendak mengurus surat hasil Rapid Test.

"Siapa orangnya itu, saya minta sama Pak Sekda, oknum ini dicari ya, kalau sudah ketemu kita mutasi saja dan uang siswa dikembalikan," cetus Kery, selasa (14/7/2020).

Sementara Sekda Konawe, Ferdinand Sapan menyebut, pihaknya telah melakukan pengecekkan soal dugaan Pungli di lingkup Dinas Kesehatan Konawe.

Baca juga: Karyawan di Medan Tewas Tersengat Listrik Saat Bersihkan Plafon SPBU

"Kami sudah cek yang bersangkutan, katanya tidak meminta," ungkapnya.

Sedangkan Kadis Kesehatan, dr Mawar Taligana menyampaikan, saat kejadian dirinya berada di luar daerah, ia mengaku dapat informasi melalui telepon. Sementara Terkait dengan pengawasan di dinas kesehatan selalu dilakukan, hanya saja pada saat kejadian dirinya sedang berada di Makassar.

"Dari awal Rapid Test saya sudah sampaikan tidak boleh ada tarif, kalau pun ada itu berarti yang lakukan oknum," tegasnya.

"Rapid test akan tetap berjalan sepanjang alat ada, saya juga menyampaikan kalau merasa keberatan silahkan lapor secara hukum" tutupnya.

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Kardin

Baca Juga