Agil Ismail, Mahasiswa Asal Kendari yang jadi Fasilitator Forum Anak Nasional

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Agil Ismail, Mahasiswa Asal Kendari yang jadi Fasilitator Forum Anak Nasional
Agil Ismail, Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang terpilih menjadi fasilitator Forum Anak Nasional. Foto: Ist.

" Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Agil Ismail, terpilih menjadi Fasilitator Forum Anak Nasional periode 2023-2025 setelah bersaing ketat dengan berbagai perwakilan pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Agil Ismail, terpilih menjadi Fasilitator Forum Anak Nasional periode 2023-2025 setelah bersaing ketat dengan berbagai perwakilan pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia.

Agil Sendiri awalnya merupakan seorang fasilitator Forum Anak Kota Kendari dan telah bergabung di forum anak tersebut sejak 2019 lalu. Forum anak sendiri adalah sebuah organisasi bentukan Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Tujuan dari forum anak sendiri untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Kepada Telisik.id, Agil menjelaskan proses seleksi dirinya hingga akhirnya berhasil menjadi pengurus Forum Anak Nasional. Agil menjelaskan, proses seleksinya mulai dari penilaian administrasi, E-Learning, psikotes hingga proses wawancara akhir.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah PRB Oktober Mendatang, BPBD Sulawesi Tenggara Siapkan Hal Ini

Agil juga mengaku sempat ragu dan takut dengan proses seleksi tersebut karena proses seleksinya bersaing dengan berbagai perwakilan pemuda-pemudi terbaik se-Indonesia. Namun ia tetap percaya diri.

“Namun saya yakin dan percaya dengan potensi yang saya miliki saya bisa menyelesaikan sampai tahap akhir dan dinyatakan lolos mewakili Sulawesi Tenggara,” tulisnya di Whatsaap, Kamis (27/7/2023).

Prestasi yang didapatkan oleh Agil Ismail sendiri menuai banyak pujian, khususnya dari para mahasiswa Ilmu Komunikasi UHO yang turut bangga terhadap prestasinya tersebut.

Baca Juga: Motor Bebek 150 CC Ini jadi Idola Balap Road Race

“Keren, sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, turut bangga denga napa yang ia dapatkan,” tutur Riko, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi UHO.

Agil sendiri selama 2 tahun kedepan akan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam memenuhi 6 poin tugas terkait forum anak sebagaimana yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Forum Anak, Pasal 7 Ayat 2.

Selain itu ia juga mempunyai tugas untuk dapat mengembangkan forum anak yang ada di 17 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara, serta membantu menyuarakan aspirasi-aspirasi terkait pemenuhan hak anak. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga